Penerapan Strategi Crossword Puzzle Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Krisnawati, Tutik
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17143/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/11/BAB_IV_Skripsi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/16/DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/
ctrlnum 17143
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17143/</relation><title>Penerapan Strategi Crossword Puzzle Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Krisnawati, Tutik</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle bervareasi pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan strategi Crossword Puzzle bervareasi dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle bervareasi pada siklus I dan II tingkat penguasaan konsep siswa meningkat mengenai materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 26,92% (7 orang siswa) menjadi 57,69% (15 orang siswa) dari 26 siswa. Selanjutnya setelah diadakan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa mengenai materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 57,69% (15 orang siswa) menjadi 84,61% (22 orang siswa) dari 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Crossword Puzzle bervareasi dapat meningkatkan penguasaan konsep materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/11/BAB_IV_Skripsi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/14/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/16/DAFTAR__PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17143/18/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Krisnawati, Tutik (2012) Penerapan Strategi Crossword Puzzle Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080036</relation><recordID>17143</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Krisnawati, Tutik
title Penerapan Strategi Crossword Puzzle Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17143/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/11/BAB_IV_Skripsi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/16/DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17143/
contents Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle bervareasi pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan strategi Crossword Puzzle bervareasi dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle bervareasi pada siklus I dan II tingkat penguasaan konsep siswa meningkat mengenai materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 26,92% (7 orang siswa) menjadi 57,69% (15 orang siswa) dari 26 siswa. Selanjutnya setelah diadakan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa mengenai materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 57,69% (15 orang siswa) menjadi 84,61% (22 orang siswa) dari 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Crossword Puzzle bervareasi dapat meningkatkan penguasaan konsep materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Delanggu Tahun Pelajaran 2011/2012.
id IOS2728.17143
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:19Z
recordtype dc
_version_ 1765810593082638336
score 17.538404