Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: WIDIYANTO , EKO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17136/1/02._COVER_BAB.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/7/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/12/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17136/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang telah menempuh mata pelajaran Akuntansi 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 90,155+ 0, 272X1 + 0, 158X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai kompetensi guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4.380 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 15,9 %; 2) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar pada siswa siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3.059 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 9,1 %; 3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar belajar dan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar pada siswa siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 19.979 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,250. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,250 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 25 % sedangkan 75 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.