pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK N I Banyudono TAhun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Wijayanti, Eni |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17129/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17129/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 65 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 62,333 + 0,203X1 + 0,177X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,535 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan efektif sebesar 16,95%; 2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,354 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,022, dengan sumbangan efektif sebesar 15,64%; 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 15,023 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,326. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 32,6%, sedangkan 67,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.