Peningkatan Hasil Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Pair Checks pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto Mojogedang Tahun Pelajaran 2010/2012

Main Author: Setyawan, Nur Andy
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17126/1/COVER-INTISARI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/3/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/4/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/5/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/10/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/11/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17126/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bahwa pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto Mojogedang tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto, kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar PKn Siswa Kelas IV melalui metode pembelajaran Pair Checks terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 45% dan meningkat pada siklus II sebesar 65%, serta mencapai hasil optimal pada siklus III dengan persentase 90%..