Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Cahyani, Wiwin
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17112/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/12/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/15/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/
ctrlnum 17112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17112/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Cahyani, Wiwin </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan&#xD; menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan&#xD; menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03&#xD; Nguter kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 .Untuk mencapai tujuan&#xD; pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian&#xD; Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari&#xD; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta&#xD; refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara,&#xD; tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan&#xD; pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian bahasa&#xD; Indonesia, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.&#xD; Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan&#xD; menulis karangan diskripsi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V&#xD; SDN Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari&#xD; peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi yang sebelumya nilai ratarata&#xD; siswa hanya 64,11 (64%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 67,0&#xD; (67%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78,33 (78%). Pada penelitian ini&#xD; ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami&#xD; peningkatan, yang sebelumnya hanya 40% atau 7 siswa yang mendapat nilai&#xD; diatas KKM yaitu 71. Pada siklus I menjadi 67% atau 12 siswa yang mendapat&#xD; nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 89% atau 16 siswa yang mendapat&#xD; nilai diatas KKM.&#xD; Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar&#xD; seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran&#xD; bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten&#xD; Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat&#xD; dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/12/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/15/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Cahyani, Wiwin (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080247</relation><recordID>17112</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Cahyani, Wiwin
title Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2011
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/17112/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/12/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/15/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17112/
contents Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 .Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian bahasa Indonesia, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan menulis karangan diskripsi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V SDN Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi yang sebelumya nilai ratarata siswa hanya 64,11 (64%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 67,0 (67%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78,33 (78%). Pada penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 40% atau 7 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 71. Pada siklus I menjadi 67% atau 12 siswa yang mendapat nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 89% atau 16 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat.
id IOS2728.17112
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:19Z
recordtype dc
_version_ 1765810592970440704
score 17.538404