Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Cahyani, Wiwin |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17112/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/12/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/15/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/ |
ctrlnum |
17112 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17112/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Cahyani, Wiwin </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan
menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03
Nguter kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 .Untuk mencapai tujuan
pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta
refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara,
tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan
pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian bahasa
Indonesia, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan
menulis karangan diskripsi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V
SDN Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi yang sebelumya nilai ratarata
siswa hanya 64,11 (64%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 67,0
(67%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78,33 (78%). Pada penelitian ini
ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami
peningkatan, yang sebelumnya hanya 40% atau 7 siswa yang mendapat nilai
diatas KKM yaitu 71. Pada siklus I menjadi 67% atau 12 siswa yang mendapat
nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 89% atau 16 siswa yang mendapat
nilai diatas KKM.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar
seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran
bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten
Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat
dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/12/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17112/15/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Cahyani, Wiwin (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080247</relation><recordID>17112</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Cahyani, Wiwin |
title |
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17112/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/12/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/15/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17112/ |
contents |
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan
menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03
Nguter kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 .Untuk mencapai tujuan
pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta
refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara,
tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan
pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian bahasa
Indonesia, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan
menulis karangan diskripsi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V
SDN Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi yang sebelumya nilai ratarata
siswa hanya 64,11 (64%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 67,0
(67%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78,33 (78%). Pada penelitian ini
ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami
peningkatan, yang sebelumnya hanya 40% atau 7 siswa yang mendapat nilai
diatas KKM yaitu 71. Pada siklus I menjadi 67% atau 12 siswa yang mendapat
nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 89% atau 16 siswa yang mendapat
nilai diatas KKM.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar
seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran
bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten
Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat
dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat. |
id |
IOS2728.17112 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:18Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810592970440704 |
score |
17.538404 |