Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Quis Team. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri II Tekaran yang berjumlah 27 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru kelas V. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Quis Team. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan siklus I sebesar 26,93% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 81,48%, 2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan Siklus I sebesar 34,61% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 85,18%, 3) Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok siklus I sebesar 30,76% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 92,59%. Siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 53,84% dan diakhir tindakan siklus III mencapai 88,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Quis Team dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.