Penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment Dan Media Permainan Choose Number Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2011/2012

Main Author: Yuningsih, Novie Tri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17102/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/8/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/10/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17102/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi bilangan bulat dengan menggunakan strategi pembelajaran Instant Assesment dengan media permainan Choose Number pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang berjumlah 44 siswa. Sedangkan guru peneliti sebagai subyek pelaksana tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : melalui penerapan strategi pembelajaran Instant Assesment dengan media permainan Choose Number dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar Matematika yang mencapai daya serap ≥60 yaitu sebelum tindakan 47,73% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,18% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81, 82%.