Daftar Isi:
  • Kemampuan kognitif adalah potensi seseorang dalam proses berfikir untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu peristiwa untuk mencapai tujuan disyaratkan dengan kondisi yang diharapkan. Kemampuan kognitif anak perlu ditingkatkan karena sebagai dasar dan sebagai bekal mengikuti pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui alat peraga puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK 04 Kebak Jumantono Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data tentang penerapan alat peraga puzzle dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai kemampuan kognitif anak dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif anak didik melalui alat peraga puzzle. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan kognitif anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 44.375%, siklus I mencapai 63.75%, siklus II mencapai 75.025%, dan siklus III mencapai 86.86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat peraga puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK 04 Kebak Jumantono Karanganyar.