Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Wahyuni, Atik
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/
ctrlnum 17094
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17094/</relation><title>Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>Wahyuni, Atik </creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara&#xD; melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif di kelompok A TK ABA I&#xD; Gedung Sierad Klaten tahun ajaran 2011/2012. Teknik pembelajaran kooperatif&#xD; yang dipakai adalah kancing gemerincing. Penelitian ini menggunakan metode&#xD; penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR).&#xD; Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 4 pertemuan,&#xD; siklus II, 3 pertemuan dan siklus III, 2 pertemuan, masing-masing pertemuan&#xD; berdurasi 30 menit. Tempat penelitian di kelompok A. Subjek penelitian adalah&#xD; seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari: 10 anak laki-laki, 6&#xD; anak perempuan serta seorang guru kelas kelompok A. Data tentang keterampilan&#xD; berbicara dikumpulkan dengan observasi. Data tentang pembelajaran kooperatif&#xD; dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data keterampilan berbicara&#xD; dianalisis secara komparatif, yaitu dengan membandingkan data keterampilan&#xD; berbicara anak setiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran&#xD; kooperatif dianalisis secara diskriptif komparatif, yaitu data didiskripsikan setiap&#xD; siklusnya apabila terdapat kekurangan akan diperbaiki pada siklus berikutnya.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif&#xD; mampu meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan&#xD; adanya prosentase peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus III yaitu pada&#xD; prasiklus peningkatan keterampilan berbicara anak mencapai 50,12 %, siklus I&#xD; mencapai 61,19 % dengan indikator kinerja 60 %, siklus II mencapai 70,17 %&#xD; dengan indikator kinerja 70%, dan siklus III mencapai 81,47 % dengan indikator&#xD; kinerja 80%.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/21/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Wahyuni, Atik (2011) Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A 520 080 338</relation><recordID>17094</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wahyuni, Atik
title Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2011
topic LC Special aspects of education
url http://eprints.ums.ac.id/17094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/13/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17094/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif di kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten tahun ajaran 2011/2012. Teknik pembelajaran kooperatif yang dipakai adalah kancing gemerincing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 4 pertemuan, siklus II, 3 pertemuan dan siklus III, 2 pertemuan, masing-masing pertemuan berdurasi 30 menit. Tempat penelitian di kelompok A. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari: 10 anak laki-laki, 6 anak perempuan serta seorang guru kelas kelompok A. Data tentang keterampilan berbicara dikumpulkan dengan observasi. Data tentang pembelajaran kooperatif dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data keterampilan berbicara dianalisis secara komparatif, yaitu dengan membandingkan data keterampilan berbicara anak setiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran kooperatif dianalisis secara diskriptif komparatif, yaitu data didiskripsikan setiap siklusnya apabila terdapat kekurangan akan diperbaiki pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya prosentase peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus III yaitu pada prasiklus peningkatan keterampilan berbicara anak mencapai 50,12 %, siklus I mencapai 61,19 % dengan indikator kinerja 60 %, siklus II mencapai 70,17 % dengan indikator kinerja 70%, dan siklus III mencapai 81,47 % dengan indikator kinerja 80%.
id IOS2728.17094
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:18Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:19Z
recordtype dc
_version_ 1765810592894943232
score 17.538404