Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Wahyuni, Atik |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/16/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/ |
ctrlnum |
17094 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17094/</relation><title>Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>Wahyuni, Atik </creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara
melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif di kelompok A TK ABA I
Gedung Sierad Klaten tahun ajaran 2011/2012. Teknik pembelajaran kooperatif
yang dipakai adalah kancing gemerincing. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR).
Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 4 pertemuan,
siklus II, 3 pertemuan dan siklus III, 2 pertemuan, masing-masing pertemuan
berdurasi 30 menit. Tempat penelitian di kelompok A. Subjek penelitian adalah
seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari: 10 anak laki-laki, 6
anak perempuan serta seorang guru kelas kelompok A. Data tentang keterampilan
berbicara dikumpulkan dengan observasi. Data tentang pembelajaran kooperatif
dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data keterampilan berbicara
dianalisis secara komparatif, yaitu dengan membandingkan data keterampilan
berbicara anak setiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran
kooperatif dianalisis secara diskriptif komparatif, yaitu data didiskripsikan setiap
siklusnya apabila terdapat kekurangan akan diperbaiki pada siklus berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif
mampu meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya prosentase peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus III yaitu pada
prasiklus peningkatan keterampilan berbicara anak mencapai 50,12 %, siklus I
mencapai 61,19 % dengan indikator kinerja 60 %, siklus II mencapai 70,17 %
dengan indikator kinerja 70%, dan siklus III mencapai 81,47 % dengan indikator
kinerja 80%.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/13/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17094/21/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Wahyuni, Atik (2011) Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A 520 080 338</relation><recordID>17094</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Wahyuni, Atik |
title |
Upaya Peningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Di Kelompok A TK ABA I Gedung Sierad Klaten Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2011 |
topic |
LC Special aspects of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/17094/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/13/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/16/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/21/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17094/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara
melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif di kelompok A TK ABA I
Gedung Sierad Klaten tahun ajaran 2011/2012. Teknik pembelajaran kooperatif
yang dipakai adalah kancing gemerincing. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR).
Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 4 pertemuan,
siklus II, 3 pertemuan dan siklus III, 2 pertemuan, masing-masing pertemuan
berdurasi 30 menit. Tempat penelitian di kelompok A. Subjek penelitian adalah
seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari: 10 anak laki-laki, 6
anak perempuan serta seorang guru kelas kelompok A. Data tentang keterampilan
berbicara dikumpulkan dengan observasi. Data tentang pembelajaran kooperatif
dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data keterampilan berbicara
dianalisis secara komparatif, yaitu dengan membandingkan data keterampilan
berbicara anak setiap siklusnya dengan indikator kinerja. Data pembelajaran
kooperatif dianalisis secara diskriptif komparatif, yaitu data didiskripsikan setiap
siklusnya apabila terdapat kekurangan akan diperbaiki pada siklus berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif
mampu meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya prosentase peningkatan dari prasiklus sampai dengan siklus III yaitu pada
prasiklus peningkatan keterampilan berbicara anak mencapai 50,12 %, siklus I
mencapai 61,19 % dengan indikator kinerja 60 %, siklus II mencapai 70,17 %
dengan indikator kinerja 70%, dan siklus III mencapai 81,47 % dengan indikator
kinerja 80%. |
id |
IOS2728.17094 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:18Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810592894943232 |
score |
17.538404 |