studi Perbandingan Pembelajaran Dengan Strategi Eneryone Is A Teacher Here dan Student Question Have Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDIT MTA Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Khoiriyah, Lina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17083/1/02_Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/5/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/8/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/9/07_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/10/08_Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/12/09_Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17083/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here dan strategi Questions Students Have, (2) apakah hasil belajar IPA melalui penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here lebih baik dibandingkan dengan strategi Questions Students Have. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDIT MTA Gemolong tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A yang dikenai strategi Everyone Is A Teacher Here dan kelas B yang dikenai strategi Questions Students Have. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here dan strategi Questions Students Have, dibuktikan dengan thitung > ttabel, yaitu 2,383 > 2,303, (2) hasil belajar IPA melalui penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here lebih baik dibandingkan dengan strategi Questions Students Have, dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar IPA kelas A lebih besar dibandingkan kelas B, yaitu 78,281 > 69,808.