Studi Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) Based Internet dengan Model Pictorical Riddle Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Putri, Nuraini Insani |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17074/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17074/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model Problem Based Learning (PBL) Based Internet dan model pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa antara model problem based learning (PBL) based internet dan model pictorial riddle. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IVA dan IVB. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas data dan homogenitas sampel. Berdasarkan uji independent sample t-test diketahui adanya perbedaan pengaruh antara model problem based learning (PBL) based internet dan model pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan > (1.868 > 1,668). Mean hasil belajar kedua kelas menunjukkan bahwa model pictorial riddle memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa dibandingkan model problem based learning(PBL) based internet.