Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009; 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009; 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2009 universitas muhammadiyah surakarta. Sampel diambil sebanyak 60 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0,676+ 0,030X1 + 0,018X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh minat belajar dan kreativitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,735 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 42,612%; 2) Ada pengaruh yang signifikan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,264 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif sebesar 20,988%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan kreativitas belajar. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 49,814 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,636. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,636 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara minat belajar dan kreativitas belajar mempunyai sumbangan relatif terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 63,6%, sedangkan 36,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.