Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Yuswanti, Rina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17061/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/8/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/
ctrlnum 17061
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17061/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Yuswanti, Rina </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Latar belakang dari penulisan skripsi ini karena banyak siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran Matematika. Selain itu, banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode interaktif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1 Kartasura berupa peningkatan prosentase siswa yang mampu mencapai KKM. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 21 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 46,67%, guru menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengans superitem untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem diperoleh data bahwa pada siklus I pertemuan 1 ada 25 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 55,56%, dan siklus I pertemuan 2 ada 35 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 77,78%. Sedangkan setelah diadakan perbaikan pada siklus II pertemuan 1 ada 39 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 86,67%, dan siklus II pertemuan 2 ada 41 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 91,11%. Jadi penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17061/8/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Yuswanti, Rina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080291</relation><recordID>17061</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Yuswanti, Rina
title Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2011
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/17061/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/8/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17061/
contents Latar belakang dari penulisan skripsi ini karena banyak siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran Matematika. Selain itu, banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode interaktif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1 Kartasura berupa peningkatan prosentase siswa yang mampu mencapai KKM. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 21 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 46,67%, guru menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengans superitem untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem diperoleh data bahwa pada siklus I pertemuan 1 ada 25 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 55,56%, dan siklus I pertemuan 2 ada 35 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 77,78%. Sedangkan setelah diadakan perbaikan pada siklus II pertemuan 1 ada 39 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 86,67%, dan siklus II pertemuan 2 ada 41 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 91,11%. Jadi penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS2728.17061
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810592542621696
score 17.538404