Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan model reading aloud pada siswa kelas V SD Negeri Cakraningratan No. 32 Kecamatan Laweyan Surakarta. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Cakraningratan No. 32 Kecamatan Laweyan Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca pada diri siswa. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan penerapan model reading aloud dapat disimpulkan kemampuan membaca siswa meningkat.Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang digunakan peneliti untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pada siklus I dari 30 siswa yang hadir terdapat 66,67 % atau 20 siswa yang mendapat nilai 62, sebagai KKM. Pada siklus II dari 31 siswa yang hadir terdapat 87,10 % atau 27 siswa yang mendapat nilai 70, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 20, 43 % dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas V SD Negeri Cakraningratan No. 32 Kecamatan Laweyan Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.