Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Mojokerto Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011

Main Author: Bastari, Asetyo Belantika
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17031/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17031/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojokerto dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojokerto Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang mendeskripsikan bagian-bagian bunga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 57,9 dan siklus I mengalami peningkatan niai rata-rata siswa 62,7 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,8. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojokerto Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen.