Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Media Benda Nyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlah dan Mengurangi Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bonagung I Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Ihsani, Titis Putu
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17029/1/Halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/6/Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/14/Daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/20/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17029/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlah dan mengurangi pecahan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media benda nyata pada siswa kelas V SD Negeri Bonagung 1 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa.Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD tersebut. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media benda nyata dapat meningkatkan kemampuan menjumlah dan mengurangi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Bonagung 1 tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 45% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 80% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media benda nyata dapat meningkatkan kemampuan menjumlah dan mengurangi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Bonagung 1 Tahun Ajaran 2011/2012.