Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Metode Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Bandardawung Tahun Pelajaran 2010/2011
Main Author: | Wahmi, Wahmi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17019/1/COVER.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17019/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Perjuangan Melawan Penjajah melalui penerapan metode pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada siswa kelas V SD Negeri 03 Bandardawung kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas V SD Negeri 03 Bandardawung kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS Siswa Kelas V melalui metode pembelajaran CIRC Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 65% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%.