Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Diri Hewan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gedangalas I)

Main Author: SARI, RODIANA WIFIA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/17014/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/2/Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/3/Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/4/Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/5/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/7/Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/10/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/
ctrlnum 17014
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/17014/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Diri Hewan Melalui Model Pembelajaran Picture &#xD; And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gedangalas I)</title><creator>SARI, RODIANA WIFIA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini dilakukan karena permasalahan yang muncul yaitu rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan pada siswa kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan melalui model pembelajaran picture and picture.&#xD; Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti sebagai pengajar dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Gedangalas I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA khususnya materi penyesuaian diri hewan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 11 siswa (55%) dari 20 siswa, dan siklus II sebanyak 19 siswa (95%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/2/Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/3/Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/4/Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/5/Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/7/Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/10/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/17014/12/Lampiran.pdf</identifier><identifier> SARI, RODIANA WIFIA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Diri Hewan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gedangalas I). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080145</relation><recordID>17014</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SARI, RODIANA WIFIA
title Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Diri Hewan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gedangalas I)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/17014/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/2/Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/3/Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/4/Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/5/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/7/Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/10/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/17014/
contents Penelitian ini dilakukan karena permasalahan yang muncul yaitu rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan pada siswa kelas V SD Negeri Gedangalas I Gajah Demak tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan melalui model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti sebagai pengajar dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Gedangalas I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA khususnya materi penyesuaian diri hewan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 11 siswa (55%) dari 20 siswa, dan siklus II sebanyak 19 siswa (95%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri hewan.
id IOS2728.17014
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:15Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810592370655232
score 17.538404