Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Tentang Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Model VCT (Value Clarification Technique) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | AYUNINGTYAS, SISKA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17005/1/Halaman_JDL.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/16/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/17005/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kingkang I yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing- masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “penggunaan model Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn tentang menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012”. Dibuktikan dengan hasil belajar PKn yang meningkat, dari hasil belajar pada Pra Siklus 39,13% yang tuntas belajar, setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada Siklus I meningkat menjadi 69,57% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 70. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn tentang menjaga keutuhan NKRI siswa kelas V SD Negeri Kingkang I Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012.