Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tulung Tahun Ajaran 2010/2011
Main Author: | Sulistyarini, Ratna Dewi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/17003/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/6/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/8/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/12/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/15/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/20/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/21/9._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/17003/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tulung berjumlah 5 kelas. Sampel diambil sebanyak 2 kelas dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji normalitas, analisis uji homogenitas, analisis variansi dua jalan sel tak sama, analisis uji komparasi antar kolom. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil ANAVA dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 7,0092 > 3,993. (2) Motivasi belajar siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil ANAVA dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,7148 < 3,143. (3) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini terbukti dari hasil ANAVA dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,4049 < 3,143.