Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Bulat Melalui Penerapam Metode Kumon Kelas II SD Negeri Kebonharjo, Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | NURYATI, TITIK |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16987/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16987/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Kumon. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Kebonharjo yang berjumlah 22 siswa, dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 47,22. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Kumon pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 64,09 pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,36. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode kumon tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas II SD Negeri Kebonharjo.