ctrlnum 16980
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16980/</relation><title>Penerapan metode Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012</title><creator> Susiana, Handoko</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode Team Games Tournament. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tehnis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini melalui tiga siklus: pada siklus I dari 41 siswa yang masuk terdapat 17 siswa (41%) yang mendapatkan nilai &#xF0B3; 71, memenuhi KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 20% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 38 siswa yang masuk ada 23 siswa (61%) yang mendapat nilai &#xF0B3; 71, memenuhi KKM. Pada siklus III dari 39 siswa yang masuk terdapat 35 siswa (90 %) yang mendapatkan nilai &#xF0B3; 71, memenuhi KKM. Dari data itu ada kenaikan 29% dari sklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapkan metode Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 kecamatan Baki kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/5/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/6/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/12/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/15/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16980/19/10._Skripsi_Handoko_Susiana_A510080018_%28Lengkap%29.pdf</identifier><identifier> Susiana, Handoko (2011) Penerapan metode Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080018</relation><recordID>16980</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Susiana, Handoko
title Penerapan metode Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012
publishDate 2011
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/16980/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/6/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/12/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/15/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/19/10._Skripsi_Handoko_Susiana_A510080018_%28Lengkap%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16980/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode Team Games Tournament. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tehnis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini melalui tiga siklus: pada siklus I dari 41 siswa yang masuk terdapat 17 siswa (41%) yang mendapatkan nilai  71, memenuhi KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 20% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 38 siswa yang masuk ada 23 siswa (61%) yang mendapat nilai  71, memenuhi KKM. Pada siklus III dari 39 siswa yang masuk terdapat 35 siswa (90 %) yang mendapatkan nilai  71, memenuhi KKM. Dari data itu ada kenaikan 29% dari sklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapkan metode Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 kecamatan Baki kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012.
id IOS2728.16980
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810591984779264
score 17.538404