Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | SETYORINI, ANI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16979/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/5/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/7/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/9/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/14/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/18/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/ |
ctrlnum |
16979 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16979/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>SETYORINI, ANI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA.
Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah cooperative learning tipe numbered heads together. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi fungsi dan bagian-bagian tumbuhan dengan menerapkan cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas IV Sd Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar dalam pembelajaran IPA materi fungsi dan bagaian-bagian tumbuhan melalui cooperative learning tipe numbered heads together. Sebelum tindakan diperoleh 26,31% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan diperoleh 52,63%
dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus II diperoleh mencapai 84,21% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM).</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/5/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/7/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/9/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/14/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/18/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYORINI, ANI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080246</relation><recordID>16979</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SETYORINI, ANI |
title |
Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/16979/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/5/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/7/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/9/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/14/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/18/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16979/ |
contents |
Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA.
Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah cooperative learning tipe numbered heads together. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi fungsi dan bagian-bagian tumbuhan dengan menerapkan cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas IV Sd Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar dalam pembelajaran IPA materi fungsi dan bagaian-bagian tumbuhan melalui cooperative learning tipe numbered heads together. Sebelum tindakan diperoleh 26,31% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan diperoleh 52,63%
dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus II diperoleh mencapai 84,21% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). |
id |
IOS2728.16979 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:13Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810591981633536 |
score |
17.538404 |