Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: SETYORINI, ANI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16979/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/5/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/7/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/14/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/
ctrlnum 16979
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16979/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012</title><creator>SETYORINI, ANI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA.&#xD; Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah cooperative learning tipe numbered heads together. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi fungsi dan bagian-bagian tumbuhan dengan menerapkan cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas IV Sd Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas&#xD; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil&#xD; penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar dalam pembelajaran IPA materi fungsi dan bagaian-bagian tumbuhan melalui cooperative learning tipe numbered heads together. Sebelum tindakan diperoleh 26,31% dari 19 siswa mendapatkan nilai &#x2265; 66 (KKM). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan diperoleh 52,63%&#xD; dari 19 siswa mendapatkan nilai &#x2265; 66 (KKM). Pada siklus II diperoleh mencapai 84,21% dari 19 siswa mendapatkan nilai &#x2265; 66 (KKM).</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/5/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/7/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/9/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/14/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16979/18/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYORINI, ANI (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080246</relation><recordID>16979</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYORINI, ANI
title Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Fungsi Dan Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/16979/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/5/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/7/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/14/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16979/
contents Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah cooperative learning tipe numbered heads together. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi fungsi dan bagian-bagian tumbuhan dengan menerapkan cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas IV Sd Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Malanggaten 3 Kebakkramat Karanganyar dalam pembelajaran IPA materi fungsi dan bagaian-bagian tumbuhan melalui cooperative learning tipe numbered heads together. Sebelum tindakan diperoleh 26,31% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan diperoleh 52,63% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM). Pada siklus II diperoleh mencapai 84,21% dari 19 siswa mendapatkan nilai ≥ 66 (KKM).
id IOS2728.16979
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810591981633536
score 17.538404