Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VII Semester Genap)

Main Author: Paryanto, Paryanto
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16964/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/
ctrlnum 16964
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16964/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VII Semester Genap)</title><creator>Paryanto, Paryanto</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Advance organizer dengan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif&#xD; kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) ada peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : a) antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,66% dan&#xD; setelah tindakan 93,33%, b) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 73,33%, c) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 13,33%&#xD; dan setelah tindakan 56,66%, d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 50%, e) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 53,33% dan setelah tindakan 93,33%. (2) ada peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator: a) siswa yang mendapatkan nilai &#x2265; 65 sebelum tindakan 66,66% dan setelah tindakan 93,33%, b) siswa yang memperoleh nilai di&#xD; atas rata-rata sebelum tindakan 60% dan setelah tindakan 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Advance organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16964/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Paryanto, Paryanto (2011) Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VII Semester Genap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070043</relation><recordID>16964</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Paryanto, Paryanto
title Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VII Semester Genap)
publishDate 2011
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://eprints.ums.ac.id/16964/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16964/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Advance organizer dengan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) ada peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : a) antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,66% dan setelah tindakan 93,33%, b) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 73,33%, c) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 56,66%, d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 50%, e) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 53,33% dan setelah tindakan 93,33%. (2) ada peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator: a) siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 sebelum tindakan 66,66% dan setelah tindakan 93,33%, b) siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebelum tindakan 60% dan setelah tindakan 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Advance organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
id IOS2728.16964
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810591927107584
score 17.538404