Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar )

Main Author: Lestari, Sri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16962/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/20/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/
ctrlnum 16962
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16962/</relation><title>Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar )</title><creator>Lestari, Sri</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan mendeskripsikan&#xD; peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan segiempat dan segitiga pembelajaran matematika melalui metode Problem Based Lerning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jaten yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang&#xD; digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada&#xD; pokok segiempat dan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 30,56%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 2) Rasa senang siswa&#xD; terhadap pelajaran matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 22,22%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 3) kemampuan siswa merumusakan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga sebelum&#xD; diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 33,33%, dan pada putaran II sebesar 69,44% 4) Kemampuan siswa menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga sebelum&#xD; diadakan tindakan sebesar 8,33%, pada putaran I sebesar 25% , dan pada putaran II sebesar 55,56%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Lerning dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa yang&#xD; meliputi antusias dalam mengerjakan tugas, rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika, kemampuan siswa merumuskan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga, kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan&#xD; menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/13/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/20/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Lestari, Sri (2011) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070186</relation><recordID>16962</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Lestari, Sri
title Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar )
publishDate 2011
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://eprints.ums.ac.id/16962/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/20/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16962/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan mendeskripsikan peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan segiempat dan segitiga pembelajaran matematika melalui metode Problem Based Lerning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jaten yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok segiempat dan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 30,56%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 2) Rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 22,22%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 3) kemampuan siswa merumusakan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 33,33%, dan pada putaran II sebesar 69,44% 4) Kemampuan siswa menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga sebelum diadakan tindakan sebesar 8,33%, pada putaran I sebesar 25% , dan pada putaran II sebesar 55,56%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Lerning dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa yang meliputi antusias dalam mengerjakan tugas, rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika, kemampuan siswa merumuskan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga, kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga.
id IOS2728.16962
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810591919767552
score 17.538404