Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar )
Main Author: | Lestari, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16962/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/13/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/20/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/ |
ctrlnum |
16962 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16962/</relation><title>Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar )</title><creator>Lestari, Sri</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan mendeskripsikan
peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan segiempat dan segitiga pembelajaran matematika melalui metode Problem Based Lerning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jaten yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada
pokok segiempat dan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 30,56%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 2) Rasa senang siswa
terhadap pelajaran matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 22,22%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 3) kemampuan siswa merumusakan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga sebelum
diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 33,33%, dan pada putaran II sebesar 69,44% 4) Kemampuan siswa menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga sebelum
diadakan tindakan sebesar 8,33%, pada putaran I sebesar 25% , dan pada putaran II sebesar 55,56%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Lerning dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa yang
meliputi antusias dalam mengerjakan tugas, rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika, kemampuan siswa merumuskan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga, kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/13/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16962/20/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Lestari, Sri (2011) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070186</relation><recordID>16962</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Lestari, Sri |
title |
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pokok Bahasan Segiempat ( Persegi Panjang ) dan Segitiga Dengan Metode Problem Based Learning PBL (PTK pada siswa kelas VII di SMP N I Jaten, Karanganyar ) |
publishDate |
2011 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://eprints.ums.ac.id/16962/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/13/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/20/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16962/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan mendeskripsikan
peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan segiempat dan segitiga pembelajaran matematika melalui metode Problem Based Lerning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jaten yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa pada
pokok segiempat dan segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 30,56%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 2) Rasa senang siswa
terhadap pelajaran matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 22,22%, dan pada putaran II sebesar 58,33%, 3) kemampuan siswa merumusakan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga sebelum
diadakan tindakan sebesar 11,11%, pada putaran I sebesar 33,33%, dan pada putaran II sebesar 69,44% 4) Kemampuan siswa menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga sebelum
diadakan tindakan sebesar 8,33%, pada putaran I sebesar 25% , dan pada putaran II sebesar 55,56%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Lerning dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa yang
meliputi antusias dalam mengerjakan tugas, rasa senang siswa terhadap pelajaran matematika, kemampuan siswa merumuskan keliling dan luas bangun segiempat dan segitiga, kemampuan siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
menghitung keliling dan luas segiempat dan segitiga. |
id |
IOS2728.16962 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:13Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810591919767552 |
score |
17.538404 |