Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: KIRANASARI, SAPUTRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16947/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/
ctrlnum 16947
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16947/</relation><title>Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011</title><creator>KIRANASARI, SAPUTRI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan&#xD; penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan&#xD; diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 41,229+ 0,423X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa&#xD; dipengaruhi oleh variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 53,739 &gt; 1,999 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 20,746%; 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA&#xD; Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 4,185 &gt; 1,999 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000,&#xD; dengan sumbangan efektif sebesar 24,354%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 25,435 &gt; 3,145 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,541. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,541 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 54,1%, sedangkan 45,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/12/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/15/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16947/18/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> KIRANASARI, SAPUTRI (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070146</relation><recordID>16947</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KIRANASARI, SAPUTRI
title Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Wedi Tahun Ajaran 2010/2011
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/16947/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/15/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/18/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16947/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 41,229+ 0,423X1 + 0,380X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 53,739 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 20,746%; 2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wedi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,185 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 24,354%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 25,435 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,541. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,541 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara variasi gaya mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 54,1%, sedangkan 45,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.16947
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:11Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810591861047296
score 17.538404