Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Ketrampilan Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Semester 6 Tahun Ajaran 2011 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Main Author: | Hastuti, Rohani Wijayanti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16925/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/15/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/16/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/18/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/16925/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif berbentuk hubungan kausal dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 berjumlah 135 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 100 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 57.587 + 0.131X1 + 0.373X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar kewirausahaan dipengaruhi oleh Persepsi mahasiswa tentang kerterampilan dosen dan Motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2.571 > 1.985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan relatif sebesar sebesar 26.8% dan sumbangan efektif 5.86%; 2) Ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4.540 > 1.985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 74.4% dan sumbangan efektif 17.04%; 3) Ada pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan semester 6 tahun ajaran 2011 pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14.423 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0.229 menunjukkan bahwa pengaruh Persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen dan Motivasi belajar Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan adalah sebesar 22.9% sedangkan 77.1% dipengaruhi oleh variabel lain.