ctrlnum 16919
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16919/</relation><title>Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri</title><creator> Hasanah, Uwatun</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Kecenderungan remaja untuk berperilaku konsumtif diduga terkait dengan&#xD; karakteristik psikologis tertentu yang dimiliki oleh remaja yaitu tingkat kebutuhan&#xD; untuk penyesuaian dengan kelompok teman sebaya dan konsep diri yang dimiliki.&#xD; Mereka ingin kehadirannya diakui sebagai bagian dari komunitas remaja secara&#xD; umum dan secara khusus sebagai bagian dari kelompok teman sebaya mereka, demi&#xD; mendapatkan pengakuan tersebut remaja sering kali bersedia melakukan berbagai&#xD; upaya meskipun hal itu sesuatu yang tidak diperlukan atau tidak berguna bagi mereka&#xD; bila ditinjau dari kaca mata orang tua atau orang dewasa lainnya. Keinginan yang&#xD; kuat untuk melepaskan diri dari keterkaitan dengan orang tua membuat remaja&#xD; mencari dukungan sosial melalui teman sebaya. Rumusan masalah dalam penelitian&#xD; ini &#x201C;Apakah ada hubungan antara interaksi teman sebaya dan konsep diri dengan&#xD; perilaku konsumtif pada remaja putri?&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara interaksi teman&#xD; sebaya dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Hipotesis minor&#xD; yang diajukan (1) Ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan&#xD; perilaku konsumtif. (2) Ada hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku&#xD; konsumtif.&#xD; Sampel dalam penelitian ini adalah, siswa-siswi kelas 2 Pj. II dan kelas 2 Ak.&#xD; 1 SMK KOPERASI Yogyakarta berjumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data yang&#xD; digunakan yaitu skala interaksi teman sebaya, konsep diri, dan skala perilaku&#xD; konsumtif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi dua prediktor.&#xD; Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis regresi dua&#xD; prediktor, dari 50 subjek penelitian menghasilkan koefisien korelasi R = 0,474 dan F&#xD; regresi = 6,800, p = 0,003 (p &lt; 0,01); Hal ini menunjukkan ada hubungan yang&#xD; sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dan konsep diri dengan perilaku&#xD; konsumtif.&#xD; Hasil analisis rx1y = 0,377 dengan p &lt; 0,01; menunjukkan ada hubungan&#xD; positif yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku&#xD; konsumtif, dengan demikian semakin tinggi interaksi dengan teman sebaya maka&#xD; semakin tinggi perilaku konsumtifnya dan sebaliknya, sumbangan efektif interaksi&#xD; teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 14,214%.&#xD; Hasil analisis rx2y = &#x2013; 0,338 dengan p &lt; 0,05; menunjukkan ada hubungan&#xD; negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif, dengan&#xD; demikian semakin tinggi atau positif konsep diri maka akan semakin rendah perilaku&#xD; konsumtifnya dan sebaliknya. Sumbangan efektif konsep diri terhadap perilaku&#xD; konsumtif sebesar 8,223%.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diketahui rerata empirik variabel interaksi teman&#xD; sebaya pada subjek penelitian berada dalam kategori sedang. Konsep diri subjek&#xD; penelitian berada dalam ketegori sedang. Perilaku konsumtif subjek penelitian berada&#xD; dalam ketegori sedang.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data telah dilakukan maka kesimpulan dalam&#xD; penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara interaksi teman&#xD; sebaya dan konsep diri dengan perilaku konsumtif. Ada hubungan positif yang sangat&#xD; signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku konsumtif. Ada hubungan&#xD; negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/5/BAB__IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/7/BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16919/12/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Hasanah, Uwatun (2007) Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>F100020154</relation><recordID>16919</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hasanah, Uwatun
title Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri
publishDate 2007
topic BF Psychology
url http://eprints.ums.ac.id/16919/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/5/BAB__IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/7/BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16919/
contents Kecenderungan remaja untuk berperilaku konsumtif diduga terkait dengan karakteristik psikologis tertentu yang dimiliki oleh remaja yaitu tingkat kebutuhan untuk penyesuaian dengan kelompok teman sebaya dan konsep diri yang dimiliki. Mereka ingin kehadirannya diakui sebagai bagian dari komunitas remaja secara umum dan secara khusus sebagai bagian dari kelompok teman sebaya mereka, demi mendapatkan pengakuan tersebut remaja sering kali bersedia melakukan berbagai upaya meskipun hal itu sesuatu yang tidak diperlukan atau tidak berguna bagi mereka bila ditinjau dari kaca mata orang tua atau orang dewasa lainnya. Keinginan yang kuat untuk melepaskan diri dari keterkaitan dengan orang tua membuat remaja mencari dukungan sosial melalui teman sebaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah ada hubungan antara interaksi teman sebaya dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Hipotesis minor yang diajukan (1) Ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan perilaku konsumtif. (2) Ada hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku konsumtif. Sampel dalam penelitian ini adalah, siswa-siswi kelas 2 Pj. II dan kelas 2 Ak. 1 SMK KOPERASI Yogyakarta berjumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala interaksi teman sebaya, konsep diri, dan skala perilaku konsumtif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor, dari 50 subjek penelitian menghasilkan koefisien korelasi R = 0,474 dan F regresi = 6,800, p = 0,003 (p < 0,01); Hal ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dan konsep diri dengan perilaku konsumtif. Hasil analisis rx1y = 0,377 dengan p < 0,01; menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku konsumtif, dengan demikian semakin tinggi interaksi dengan teman sebaya maka semakin tinggi perilaku konsumtifnya dan sebaliknya, sumbangan efektif interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 14,214%. Hasil analisis rx2y = – 0,338 dengan p < 0,05; menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif, dengan demikian semakin tinggi atau positif konsep diri maka akan semakin rendah perilaku konsumtifnya dan sebaliknya. Sumbangan efektif konsep diri terhadap perilaku konsumtif sebesar 8,223%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rerata empirik variabel interaksi teman sebaya pada subjek penelitian berada dalam kategori sedang. Konsep diri subjek penelitian berada dalam ketegori sedang. Perilaku konsumtif subjek penelitian berada dalam ketegori sedang. Berdasarkan hasil analisis data telah dilakukan maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dan konsep diri dengan perilaku konsumtif. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku konsumtif. Ada hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif.
id IOS2728.16919
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:11Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810591754092544
score 17.538404