Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Optimisme Masa Depan Pada Siswa Program Percepatan Belajar
Main Author: | Rahman, Arif |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/ |
ctrlnum |
16861 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16861/</relation><title>Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Optimisme Masa Depan Pada Siswa Program Percepatan Belajar</title><creator>Rahman, Arif</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Pada dasarnya setiap orang mempunyai pengharapan akan bagaimana
nanti perkembangan atas dirinya dimasa mendatang. Harapan tersebut merupakan
suatu perubahan yang lebih baik pada dirinya dari keadaan sekarang. Dalam
menuju suatu harapan yang lebih baik dimasa yang akan datang, individu tidak
akan dapat terlepas dari hambatan-hambatan yang akan menghalanginya. Untuk
itu individu harus dapat menghalau hambatan-hambatan tersebut. Keyakinan
untuk mencapai tujuan hidup yang berkekuatan serta menganggap kegagalan
sebagai suatu hal yang dapat diperbaiki, dimana individu yang optimis selalu
menerima kenyataan dan berusaha mencapai hasil yang maksimal dengan penuh
ketekunan. Optimisme masa depan pada siswa program percepatan belajar dapat
ditinjau melalui kedisiplinan belajar dan kepercayaan. Kedisiplinan yang baik
dengan didukung oleh kepercayaan diri yang baik pula akan sangat membantu
subjek di dalam menyerap pengetahuan yang diterimanya, sehingga siswa dalam
program percepatan belajar akan berpandangan positif dan optimis akan
keberhasilan masa depannya
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara
kedisiplinan belajar dan kepercayaan diri dengan optimisme masa depan pada
siswa program percepatan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswasiswi
SMA Negeri 3 Yogyakarta dan SMA Negeri 8 Yogyakarta kelas Program
percepatan belajar, sedangkan sampelnya yaitu kelas XI program percepatan
belajar SMA Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa dan SMA Negeri 8
Yogyakarta yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive non random sampling, yaitu
tidak semua anggota populasi mempunyai peluang atau kesempatan yang sama
untuk dipilih sebagai sampel.
Metode pengumpulan data yaitu skala kedisiplinan belajar, skala
kepercayaan diri, dan skala optimisme masa depan. Analisis datanya
menggunakan Seri Program Statistik (SPS-2000), Program Analisis Regresi.
hasilnya bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kedisiplinan belajar
dan kepercayaan diri dengan optimisme masa depan pada siswa program
percepatan belajar yang ditunjukkan hasil Koefisien R = 0,0687, F regresi sebesar
18,762 dengan P = 0,000 (p < 0,01). Peranan atau sumbangan efektif kedisiplinan
belajar terhadap optimisme masa depan sebesar 38,646%, sedangkan peranan atau
sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap optimisme masa depan sebesar
8,540%. Sumbangan efektif keseluruhan sebesar 47,250% ditunjukkan oleh
koefisien determinan (R 2 ) sebesar 0,473, berdasarkan data diatas dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan antara kedisiplinan belajar dan kepercayaan diri
dengan optimisme masa depan pada siswa program percepatan belajar.
Kata kunci : Kedisiplinan Belajar, Kepercayaan Diri, Optimisme Masa Depan</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16861/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16861/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16861/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16861/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16861/12/BAB_V.pdf</identifier><identifier> Rahman, Arif (2007) Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Optimisme Masa Depan Pada Siswa Program Percepatan Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>F100030254</relation><recordID>16861</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Rahman, Arif |
title |
Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Optimisme Masa Depan Pada Siswa Program Percepatan Belajar |
publishDate |
2007 |
topic |
BF Psychology |
url |
http://eprints.ums.ac.id/16861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16861/ |
contents |
Pada dasarnya setiap orang mempunyai pengharapan akan bagaimana
nanti perkembangan atas dirinya dimasa mendatang. Harapan tersebut merupakan
suatu perubahan yang lebih baik pada dirinya dari keadaan sekarang. Dalam
menuju suatu harapan yang lebih baik dimasa yang akan datang, individu tidak
akan dapat terlepas dari hambatan-hambatan yang akan menghalanginya. Untuk
itu individu harus dapat menghalau hambatan-hambatan tersebut. Keyakinan
untuk mencapai tujuan hidup yang berkekuatan serta menganggap kegagalan
sebagai suatu hal yang dapat diperbaiki, dimana individu yang optimis selalu
menerima kenyataan dan berusaha mencapai hasil yang maksimal dengan penuh
ketekunan. Optimisme masa depan pada siswa program percepatan belajar dapat
ditinjau melalui kedisiplinan belajar dan kepercayaan. Kedisiplinan yang baik
dengan didukung oleh kepercayaan diri yang baik pula akan sangat membantu
subjek di dalam menyerap pengetahuan yang diterimanya, sehingga siswa dalam
program percepatan belajar akan berpandangan positif dan optimis akan
keberhasilan masa depannya
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara
kedisiplinan belajar dan kepercayaan diri dengan optimisme masa depan pada
siswa program percepatan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswasiswi
SMA Negeri 3 Yogyakarta dan SMA Negeri 8 Yogyakarta kelas Program
percepatan belajar, sedangkan sampelnya yaitu kelas XI program percepatan
belajar SMA Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa dan SMA Negeri 8
Yogyakarta yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive non random sampling, yaitu
tidak semua anggota populasi mempunyai peluang atau kesempatan yang sama
untuk dipilih sebagai sampel.
Metode pengumpulan data yaitu skala kedisiplinan belajar, skala
kepercayaan diri, dan skala optimisme masa depan. Analisis datanya
menggunakan Seri Program Statistik (SPS-2000), Program Analisis Regresi.
hasilnya bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kedisiplinan belajar
dan kepercayaan diri dengan optimisme masa depan pada siswa program
percepatan belajar yang ditunjukkan hasil Koefisien R = 0,0687, F regresi sebesar
18,762 dengan P = 0,000 (p < 0,01). Peranan atau sumbangan efektif kedisiplinan
belajar terhadap optimisme masa depan sebesar 38,646%, sedangkan peranan atau
sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap optimisme masa depan sebesar
8,540%. Sumbangan efektif keseluruhan sebesar 47,250% ditunjukkan oleh
koefisien determinan (R 2 ) sebesar 0,473, berdasarkan data diatas dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan antara kedisiplinan belajar dan kepercayaan diri
dengan optimisme masa depan pada siswa program percepatan belajar.
Kata kunci : Kedisiplinan Belajar, Kepercayaan Diri, Optimisme Masa Depan |
id |
IOS2728.16861 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:09Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810591325224960 |
score |
17.538404 |