Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura

Main Author: JARIAH, NUR
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16706/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/2/Bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/3/Bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/4/Bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/5/Bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/6/Bab_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/
ctrlnum 16706
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16706/</relation><title>Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura</title><creator> JARIAH, NUR</creator><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Toserba Swalayan MITRA Kartasura merupakan salah satu sarana bagi&#xD; konsumen memperoleh produk yang mereka butuhkan, termasuk produk&#xD; shampoo. Agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, maka pihak&#xD; swalayan perlu menetapkan strategi yang tepat agar konsumen tidak beralih ke&#xD; swalayan yang lain sehingga memperoleh laba yang optimal. Salah satu caranya&#xD; yaitu dengan mengetahui perilaku pembelian konsumen, khususnya kemungkinan&#xD; adanya brand switching terhadap produk shampoo (yang terdapat bermacammacam&#xD; merek).&#xD; Perilaku perpindahan ke merek lain oleh konsumen dapat mempengaruhi&#xD; market share tiap-tiap merek shampoo. Untuk memprediksi market share tiaptiap&#xD; merek shampoo pada periode tertentu dapat menggunakan marcov chain&#xD; analysis. Sedangkan, untuk mengelompokkan konsumen dan mengetahui&#xD; karakteristik kelompok konsumen yang banyak menggunakan merek shampoo&#xD; tertentu dapat menggunakan cluster analysis, yang didahului dengan mengetahui&#xD; atribut yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memilih satu merek shampoo&#xD; berdasarkan indeks sikap.&#xD; Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa market share produk&#xD; shampoo terbesar pada bulan November dan Desember 2006 adalah merek&#xD; Sunsilk yaitu sebesar 23% dan 23,12%, serta untuk bulan Januari 2007 market&#xD; share terbesar tetap dikuasai merek Sunsilk yaitu sebesar 23,05%. Atribut/faktor&#xD; yang menjadi prioritas utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam&#xD; membeli shampoo adalah manfaat/hasil yang terdapat pada shampoo. Sedangkan&#xD; kelompok konsumen yang paling dominan adalah konsumen yang berada pada&#xD; cluster 4 yang merupakan konsumen golongan usia remaja dengan pendapatan&#xD; rendah.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/2/Bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/3/Bab_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/4/Bab_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/5/Bab_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/6/Bab_5.pdf</identifier><identifier> JARIAH, NUR (2007) Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta. </identifier><relation>D600030021</relation><recordID>16706</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author JARIAH, NUR
title Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura
publishDate 2007
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url http://eprints.ums.ac.id/16706/1/halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/2/Bab_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/3/Bab_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/4/Bab_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/5/Bab_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/6/Bab_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16706/
contents Toserba Swalayan MITRA Kartasura merupakan salah satu sarana bagi konsumen memperoleh produk yang mereka butuhkan, termasuk produk shampoo. Agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, maka pihak swalayan perlu menetapkan strategi yang tepat agar konsumen tidak beralih ke swalayan yang lain sehingga memperoleh laba yang optimal. Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui perilaku pembelian konsumen, khususnya kemungkinan adanya brand switching terhadap produk shampoo (yang terdapat bermacammacam merek). Perilaku perpindahan ke merek lain oleh konsumen dapat mempengaruhi market share tiap-tiap merek shampoo. Untuk memprediksi market share tiaptiap merek shampoo pada periode tertentu dapat menggunakan marcov chain analysis. Sedangkan, untuk mengelompokkan konsumen dan mengetahui karakteristik kelompok konsumen yang banyak menggunakan merek shampoo tertentu dapat menggunakan cluster analysis, yang didahului dengan mengetahui atribut yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memilih satu merek shampoo berdasarkan indeks sikap. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa market share produk shampoo terbesar pada bulan November dan Desember 2006 adalah merek Sunsilk yaitu sebesar 23% dan 23,12%, serta untuk bulan Januari 2007 market share terbesar tetap dikuasai merek Sunsilk yaitu sebesar 23,05%. Atribut/faktor yang menjadi prioritas utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli shampoo adalah manfaat/hasil yang terdapat pada shampoo. Sedangkan kelompok konsumen yang paling dominan adalah konsumen yang berada pada cluster 4 yang merupakan konsumen golongan usia remaja dengan pendapatan rendah.
id IOS2728.16706
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:05Z
recordtype dc
_version_ 1765810590594367488
score 17.538404