Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura
Main Author: | JARIAH, NUR |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16706/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/2/Bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/3/Bab_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/4/Bab_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/5/Bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/6/Bab_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/ |
ctrlnum |
16706 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16706/</relation><title>Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura</title><creator> JARIAH, NUR</creator><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Toserba Swalayan MITRA Kartasura merupakan salah satu sarana bagi
konsumen memperoleh produk yang mereka butuhkan, termasuk produk
shampoo. Agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, maka pihak
swalayan perlu menetapkan strategi yang tepat agar konsumen tidak beralih ke
swalayan yang lain sehingga memperoleh laba yang optimal. Salah satu caranya
yaitu dengan mengetahui perilaku pembelian konsumen, khususnya kemungkinan
adanya brand switching terhadap produk shampoo (yang terdapat bermacammacam
merek).
Perilaku perpindahan ke merek lain oleh konsumen dapat mempengaruhi
market share tiap-tiap merek shampoo. Untuk memprediksi market share tiaptiap
merek shampoo pada periode tertentu dapat menggunakan marcov chain
analysis. Sedangkan, untuk mengelompokkan konsumen dan mengetahui
karakteristik kelompok konsumen yang banyak menggunakan merek shampoo
tertentu dapat menggunakan cluster analysis, yang didahului dengan mengetahui
atribut yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memilih satu merek shampoo
berdasarkan indeks sikap.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa market share produk
shampoo terbesar pada bulan November dan Desember 2006 adalah merek
Sunsilk yaitu sebesar 23% dan 23,12%, serta untuk bulan Januari 2007 market
share terbesar tetap dikuasai merek Sunsilk yaitu sebesar 23,05%. Atribut/faktor
yang menjadi prioritas utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam
membeli shampoo adalah manfaat/hasil yang terdapat pada shampoo. Sedangkan
kelompok konsumen yang paling dominan adalah konsumen yang berada pada
cluster 4 yang merupakan konsumen golongan usia remaja dengan pendapatan
rendah.</description><date>2007</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/1/halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/2/Bab_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/3/Bab_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/4/Bab_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/5/Bab_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16706/6/Bab_5.pdf</identifier><identifier> JARIAH, NUR (2007) Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta. </identifier><relation>D600030021</relation><recordID>16706</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
JARIAH, NUR |
title |
Analisis Brand Switiching Untuk Memprediksi Market Share Dan Segmentasi Terhadap Jenis Merek Shampo Dengan Marcov Chain Dan Cluster Analysis (Studi Kasus: Toserba Swalayan MITRA Kartasura |
publishDate |
2007 |
topic |
TJ Mechanical engineering and machinery |
url |
http://eprints.ums.ac.id/16706/1/halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/2/Bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/3/Bab_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/4/Bab_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/5/Bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/6/Bab_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/16706/ |
contents |
Toserba Swalayan MITRA Kartasura merupakan salah satu sarana bagi
konsumen memperoleh produk yang mereka butuhkan, termasuk produk
shampoo. Agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, maka pihak
swalayan perlu menetapkan strategi yang tepat agar konsumen tidak beralih ke
swalayan yang lain sehingga memperoleh laba yang optimal. Salah satu caranya
yaitu dengan mengetahui perilaku pembelian konsumen, khususnya kemungkinan
adanya brand switching terhadap produk shampoo (yang terdapat bermacammacam
merek).
Perilaku perpindahan ke merek lain oleh konsumen dapat mempengaruhi
market share tiap-tiap merek shampoo. Untuk memprediksi market share tiaptiap
merek shampoo pada periode tertentu dapat menggunakan marcov chain
analysis. Sedangkan, untuk mengelompokkan konsumen dan mengetahui
karakteristik kelompok konsumen yang banyak menggunakan merek shampoo
tertentu dapat menggunakan cluster analysis, yang didahului dengan mengetahui
atribut yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memilih satu merek shampoo
berdasarkan indeks sikap.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa market share produk
shampoo terbesar pada bulan November dan Desember 2006 adalah merek
Sunsilk yaitu sebesar 23% dan 23,12%, serta untuk bulan Januari 2007 market
share terbesar tetap dikuasai merek Sunsilk yaitu sebesar 23,05%. Atribut/faktor
yang menjadi prioritas utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam
membeli shampoo adalah manfaat/hasil yang terdapat pada shampoo. Sedangkan
kelompok konsumen yang paling dominan adalah konsumen yang berada pada
cluster 4 yang merupakan konsumen golongan usia remaja dengan pendapatan
rendah. |
id |
IOS2728.16706 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:04Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810590594367488 |
score |
17.538404 |