Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan, Pengurangan, dan Hasil Belajar Tentang Operasi Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Sodakom Pada Siswa Kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011

Main Author: TRISNANI, TRISNANI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16414/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/10/DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16414/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep penjumlahan, pengurangan, dan hasil belajar tentang operasi bilangan bulat dalam mata pelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Sodakom pada siswa kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian adalah terdiri dari 2 siklus. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar yang berjumlah 40 orang terdiri dari laki-laki 24 anak, dan perempuan 16 anak dan guru sebagai pelaku peneliti dan kolabulator Kesimpulan Penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Penggunaan Pendekatan SODAKOM dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan, (2) Penggunaan Pendekatan SODAKOM dapat meningkatkan pemahaman konsep pengurangan, dan (3) Penggunanan Pendekatan SODAKOM dapat meningkatkan hasil belajar tentang operasi bilangan bulat.