Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dengan Metode Simulasi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten
Main Author: | Chayati, Nuril |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16337/1/HAL_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/13/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/14/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/16337/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kualitas pembelajaran kompetensi siklus akuntansi perusahaan dagang siswa kelas X Ak 1 semester genap SMK Muhammadiyah 2 Klaten dengan metode simulasi, dan untuk mengetahui apakah penerapan metode simulasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran kompetensi siklus akuntansi perusahaan dagang pada siswa kelas X Ak 1 semester genap SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas (kontributor) dan melibatkan partisipasi siswa kelas X Ak 1 SMK Muhammadiyah 2 Klaten tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 29 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik: (a) observasi, (b) angket sederhana, (c) tes dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi empat tahap kegiatan, yaitu (1) perencanaan tindakan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflecting). Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa, motivasi siswa, peran serta siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kompetensi siklus akuntansi perusahaaan dagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 72,59 dengan ketuntasan belajar 55,17%; pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 78,83 dengan ketuntasan belajar 82,76%; dan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 85,07 dengan ketuntasan belajar 96,55%. Meningkatnya minat, motivasi dan peran serta siswa mengakibatkan meningkatnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X Ak 1 SMK Muhammadiyah 2 Klaten pada kompetensi siklus akuntansi perusahaan dagang.