Pengaruh Kemampuan Bahasa Inggris Guru dan Input Nilai Ujian Nasional Siswa Terhadap Nilai Raport Pembelajaran Berbahasa Inggris Siswa Di SMK RSBI Muhammadiyah 1 Klaten Utara

Main Author: RASIJA, RASIJA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16286/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16286/
Daftar Isi:
  • Pengambangan Sekolah Bertaraf Internasional dilandasi oleh Undangundang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 50 yang mengamanatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu-satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional (Depdiknas, 2009: 1). Menyiapkan SMK Bertaraf Internasional pada dasarnya merupakan upaya menyiapkan lulusan SMK yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan siap bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing yang datang untuk mengisi lowongan kerja di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan bahasa Inggris guru dan input nilai ujian nasional siswa terhadap nilai raport pembelajaran bahasa Inggris siswa di SMK RSBI Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik penelitian dokumen di SMK RSBI Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Studi dokumen dalam penelitian ini mengenai dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan analisis regresi ganda menggunakan program komputer SPSS 15. Hasil penelitian ini adalah secara parsial (uji t) variabel kemampuan bahasa Inggris guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai raport pembelajaran bahasa Inggris siswa dengan diperoleh p-value (0,000) lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel input nilai ujian nasional tidak berpengaruh. Secara simultan (uji F) variabel kemampuan bahasa Inggris guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektifitas pembelajaran bahasa Inggris.