Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Merek (Studi Empirik Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Nokia di Surakarta)
Main Author: | Nurohman , Yulfan A. |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16225/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/19/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/16225/ |
Daftar Isi:
- Handphone merupakan alat komunikasi yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Persaingan diantara merek handphone semakin ketat diantaranya merek Nokia. Untuk memenangkan persaingan dapat dilakukan dengan membentuk loyalitas merek dan loyalitas merek dapat dibangun dengan experiential marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas merek handphone merek Nokia. Penelitian ini menunjukkan adanya 6 (enam) hipotesis, antara lain adalah sense berpengaruh positif terhadap experiential marketing, feel berpengaruh positif terhadap experiential marketing, think berpengaruh positif terhadap experiential marketing, act berpengaruh positif terhadap experiential marketing, relate berpengaruh positif terhadap experiential marketing, experiential marketing berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Surakarta dengan 155 responden, pemilihan merek nokia sebagai obyek yang diteliti karena merupakan merek paling popular dan sebagai pemenang Solo Best Brand Index selama 3 (tiga) tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara metode convenience sampling. Teknik pengambilan sampel ini digunakan karena tidak ketahui populasi pengguna handphone merek nokia atau merek lain. Untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) dari software AMOS 16. Hasil analisis data tersebut akan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang sedang dikembangkan dalam model penelitian ini. Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan analisis konfirmatori. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas antar variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sense, feel, think, act, relate, experiential marketing dan brand loyalty telah memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu yaitu chi square =168,093; probability = 0,136; AGFI = 0,833; CFI = 0,967; TLI = 0,958; RMSEA = 0,029; CMIN/DF = 1,128. Berdasarkan hasil analisis data diketahui experiential marketing dapat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas merek.