Pengaruh Lingkungan Pergaulan Remaja dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Kelas XI IPS SMA Negeri I Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: Sulistyowati, Lusiana
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16159/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/4/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/6/4.__BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/10/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/11/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/13/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/15/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/22/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16159/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan; 2) Pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan; 3) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kradenan yakni 73 siswa. Teknik yang digunakan yakni teknik populasi. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 21,883 + 0,977X1 + 0,381X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kradenan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,928 > 1,994 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,42%; 2) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kradenan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,399 > 1,994 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019, dengan sumbangan efektif sebesar 12,58%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 20,559 > 3,128 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,370. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,370 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 37%, sedangkan 63% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.