Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relation The Suan Hotel Solo dalam Membangun Corporate Image Tahun 2011
Main Author: | Trisupo, Sarjono |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16145/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/9/DAFTAR__PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/11/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/16145/ |
Daftar Isi:
- Sebagai lembaga pelayanan jasa, tentu saja The Sunan Hotel Solo akan selalu mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggannya. Public relations dalam hal ini sekaligus memiliki salah satu fungsi manajemen, yaitu melakukan kegiatan komunikasi yang terencana, terarah dan berkelanjutan. Public relations juga memiliki tujuan untuk menjalin dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan, supaya memperoleh keuntungan, pemahaman, simpati, dukungan, sehingga tercapailah apa yang diinginkan oleh manajemen. Hal tersebut dimaksudkan sebagai tujuan untuk meraih keberhasilan pada organisasi The Sunan Hotel Solo itu sendiri dalam membangun image serta memelihara citranya. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui strategi public relations yang dipakai untuk membangun corporate image di The Sunan Hotel Solo. Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi lapangan (wawancara dan observasi) dan studi pustaka. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa The Sunan Hotel Solo melakukan upaya membangun citra positif perusahaan melalui dua strategi public relations, yaitu public relations eksternal dan public relations internal yang meliputi achievement motivation training, open manajement system dan media komunikasi internal. Sedangkan strategi public relations eksternal dikembangkan melalui dua cara yaitu strategi public relations yang frontal yaitu kreatif dan intervensi serta strategi public relations secara gerilya yaitu persuasive dan edukatif. The Sunan Hotel Solo berhasil membangun citra positif perusahaan, terutama dalam upayanya untuk membangun “brand image” sebagai hotel bisnis dan intertaiment di Solo. Keberhasilan tersebut ditunjang oleh kemampuan membangun dengan media massa yang dikombinasikan dengan penyelenggarakan program yang unik dan konsisten. Hal ini sesuai dengan rencara strategi public relations dalam penetapan skala prioritas perusahaan dalam membangun image.