Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara

Main Author: ELITHA, LILI ARIFIANI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15747/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/3/04._BAB__II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/
ctrlnum 15747
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15747/</relation><title>Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara</title><creator>ELITHA, LILI ARIFIANI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efektifitas motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP&#xD; Negeri 1 Tahunan, Jepara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data&#xD; menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut&#xD; dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 4.779, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 23.815, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.708. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/3/04._BAB__II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/5/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ELITHA, LILI ARIFIANI (2011) Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070076</relation><recordID>15747</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ELITHA, LILI ARIFIANI
title Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15747/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/3/04._BAB__II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15747/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efektifitas motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tahunan, Jepara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 4.779, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 23.815, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.708.
id IOS2728.15747
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810584981340160
score 17.538404