Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara
Main Author: | ELITHA, LILI ARIFIANI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15747/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/3/04._BAB__II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/5/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/ |
ctrlnum |
15747 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15747/</relation><title>Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara</title><creator>ELITHA, LILI ARIFIANI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efektifitas motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Tahunan, Jepara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut
dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 4.779, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 23.815, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.708. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/3/04._BAB__II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/5/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15747/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ELITHA, LILI ARIFIANI (2011) Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070076</relation><recordID>15747</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
ELITHA, LILI ARIFIANI |
title |
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15747/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/3/04._BAB__II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/5/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15747/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efektifitas motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Tahunan, Jepara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut
dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 4.779, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 23.815, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.708. |
id |
IOS2728.15747 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584981340160 |
score |
17.538404 |