PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: YUNIARTI, PUSPA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15730/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/
ctrlnum 15730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15730/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA &#xD; KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 &#xD; NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I &#xD; TAHUN AJARAN 2011/2012 &#xD; </title><creator>YUNIARTI, PUSPA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QM Human anatomy</subject><description> &#xD; Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan &#xD; menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian &#xD; Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajara &#xD; siswa dan keaktifan belajar siswa Kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak &#xD; Boyolali materi ciri-ciri makhluk hidup Tahun Ajaran 2011/2012 dengan &#xD; menerapkan Strategi Reading guide dan Talking stick. Strategi Reading guide &#xD; merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi belajar siswa dengan &#xD; membaca teks bacaan yang dapat di buat oleh guru ataupun buku panduan &#xD; maupun literatur lain. Strategi Talking stick merupakan strategi pembelajaran &#xD; dimana bermain sedang belajar dengan menggunakan stick diputar dengan cara &#xD; dibentuk secara kelompok lalu untuk membuat suasana lebih menyenangkan &#xD; maka dapat dibunyikan suara music sebagai pengiring selama tongkat di putar dan &#xD; saat stick berhenti setelah musik dihentikan maka siswa diwajibkan untuk &#xD; menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pada siswa. Analisis data dalam &#xD; penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata &#xD; hasil belajar di kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali. Sebelum &#xD; pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata-&#xD; rata kelas 60,71 (Belum tuntas) atau hanya 33,34% &lt; KKM 68 siswa yang &#xD; mencapai di atas KKM. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas &#xD; 68,92 (Tuntas)/61,53% &gt; KKM 68, dan siklus II 75,27 (Tuntas)/92,30% &gt; KKM &#xD; 68. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I 13,41 atau (cukup baik) dan &#xD; siklus II 19,125 (Amat Baik), sedangkan pada Talking stick siklus I 14,15 (Baik) &#xD; dan siklus II 20,12 (Amat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan &#xD; sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif dan penilaian perilaku &#xD; afektif ada peningkatan pemahaman belajar biologi menggunakan Strategi &#xD; Reading Guide dan Talking Stick siswa kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 &#xD; Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> YUNIARTI, PUSPA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS. </identifier><relation>A420070060 </relation><recordID>15730</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author YUNIARTI, PUSPA
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
QM Human anatomy
url http://eprints.ums.ac.id/15730/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15730/
contents Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajara siswa dan keaktifan belajar siswa Kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali materi ciri-ciri makhluk hidup Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Strategi Reading guide dan Talking stick. Strategi Reading guide merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi belajar siswa dengan membaca teks bacaan yang dapat di buat oleh guru ataupun buku panduan maupun literatur lain. Strategi Talking stick merupakan strategi pembelajaran dimana bermain sedang belajar dengan menggunakan stick diputar dengan cara dibentuk secara kelompok lalu untuk membuat suasana lebih menyenangkan maka dapat dibunyikan suara music sebagai pengiring selama tongkat di putar dan saat stick berhenti setelah musik dihentikan maka siswa diwajibkan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pada siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali. Sebelum pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata- rata kelas 60,71 (Belum tuntas) atau hanya 33,34% < KKM 68 siswa yang mencapai di atas KKM. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas 68,92 (Tuntas)/61,53% > KKM 68, dan siklus II 75,27 (Tuntas)/92,30% > KKM 68. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I 13,41 atau (cukup baik) dan siklus II 19,125 (Amat Baik), sedangkan pada Talking stick siklus I 14,15 (Baik) dan siklus II 20,12 (Amat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif dan penilaian perilaku afektif ada peningkatan pemahaman belajar biologi menggunakan Strategi Reading Guide dan Talking Stick siswa kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012.
id IOS2728.15730
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810584919474176
score 17.538404