PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | YUNIARTI, PUSPA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15730/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/ |
ctrlnum |
15730 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15730/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA 
KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 
NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I 
TAHUN AJARAN 2011/2012 
</title><creator>YUNIARTI, PUSPA</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QM Human anatomy</subject><description> 
Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan 
menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian 
Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajara 
siswa dan keaktifan belajar siswa Kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak 
Boyolali materi ciri-ciri makhluk hidup Tahun Ajaran 2011/2012 dengan 
menerapkan Strategi Reading guide dan Talking stick. Strategi Reading guide 
merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi belajar siswa dengan 
membaca teks bacaan yang dapat di buat oleh guru ataupun buku panduan 
maupun literatur lain. Strategi Talking stick merupakan strategi pembelajaran 
dimana bermain sedang belajar dengan menggunakan stick diputar dengan cara 
dibentuk secara kelompok lalu untuk membuat suasana lebih menyenangkan 
maka dapat dibunyikan suara music sebagai pengiring selama tongkat di putar dan 
saat stick berhenti setelah musik dihentikan maka siswa diwajibkan untuk 
menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pada siswa. Analisis data dalam 
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata 
hasil belajar di kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali. Sebelum 
pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata-
rata kelas 60,71 (Belum tuntas) atau hanya 33,34% < KKM 68 siswa yang 
mencapai di atas KKM. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas 
68,92 (Tuntas)/61,53% > KKM 68, dan siklus II 75,27 (Tuntas)/92,30% > KKM 
68. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I 13,41 atau (cukup baik) dan 
siklus II 19,125 (Amat Baik), sedangkan pada Talking stick siklus I 14,15 (Baik) 
dan siklus II 20,12 (Amat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 
sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif dan penilaian perilaku 
afektif ada peningkatan pemahaman belajar biologi menggunakan Strategi 
Reading Guide dan Talking Stick siswa kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 
Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. 
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15730/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> YUNIARTI, PUSPA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS. </identifier><relation>A420070060 </relation><recordID>15730</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
YUNIARTI, PUSPA |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA
KELAS VII A SMP MUHAMADIYAH 9
NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I
TAHUN AJARAN 2011/2012 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education LB1603 Secondary Education. High schools QM Human anatomy |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15730/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15730/ |
contents |
Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajara
siswa dan keaktifan belajar siswa Kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak
Boyolali materi ciri-ciri makhluk hidup Tahun Ajaran 2011/2012 dengan
menerapkan Strategi Reading guide dan Talking stick. Strategi Reading guide
merupakan strategi pembelajaran untuk memahami materi belajar siswa dengan
membaca teks bacaan yang dapat di buat oleh guru ataupun buku panduan
maupun literatur lain. Strategi Talking stick merupakan strategi pembelajaran
dimana bermain sedang belajar dengan menggunakan stick diputar dengan cara
dibentuk secara kelompok lalu untuk membuat suasana lebih menyenangkan
maka dapat dibunyikan suara music sebagai pengiring selama tongkat di putar dan
saat stick berhenti setelah musik dihentikan maka siswa diwajibkan untuk
menjawab setiap pertanyaan yang diberikan pada siswa. Analisis data dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata
hasil belajar di kelas VII A SMP Muhamadiyah 9 Ngemplak Boyolali. Sebelum
pelaksanaan tindakan penelitian untuk ranah kognitif produk didapat nilai rata-
rata kelas 60,71 (Belum tuntas) atau hanya 33,34% < KKM 68 siswa yang
mencapai di atas KKM. Pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas
68,92 (Tuntas)/61,53% > KKM 68, dan siklus II 75,27 (Tuntas)/92,30% > KKM
68. Untuk ranah afektif pada Reading Guide siklus I 13,41 atau (cukup baik) dan
siklus II 19,125 (Amat Baik), sedangkan pada Talking stick siklus I 14,15 (Baik)
dan siklus II 20,12 (Amat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
sebagai berikut: secara keseluruhan baik penelitian kognitif dan penilaian perilaku
afektif ada peningkatan pemahaman belajar biologi menggunakan Strategi
Reading Guide dan Talking Stick siswa kelas VII A SMP Muhamadiyah 9
Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012.
|
id |
IOS2728.15730 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584919474176 |
score |
17.538404 |