UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | MAHMUDAH , MAHMUDAH |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15729/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/8/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/ |
ctrlnum |
15729 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15729/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA 
TAHUN AJARAN 2011/2012 
</title><creator>MAHMUDAH , MAHMUDAH </creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QK Botany</subject><description>Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA. Biologi ) yang 
selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih banyak 
berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan 
salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang 
dilakukan oleh guru kurang adanya dalam melibatkan dan mengembangkan 
kemampuan berfikir siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini 
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi pertumbuhan 
dan perkembangan pada tumbuhan melalui strategi Problem Based Learning pada 
siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian 
ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 12 
Surakarta, dengan objek siswa kelas VIII B. Adapun yang menjadi subjek 
penelitian adalah pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi 
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Proses penelitian ini dilakukan 
dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, 
observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 
teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan 
siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif 
produk, penilaian kognitif proses, nilai perilaku afektif, dan penilaian 
psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata 
hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif produk = 68,21 atau meningkat 
dan pada nilai awal kognitif produk 49,25; ranah kognitif proses = 17,78 (baik); 
ranah perilaku afektif = 20,03 (baik); dan ranah psikomotorik = 7,82 (sangat 
berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif produk = 
79,10 (berhasil) ; ranah kognitif proses = 20,32 (sangat baik) ; ranah perilaku 
afektif = 20,85(sangat baik) atau meningkat 2,92 dari siklus I; ranah psikomotorik 
= 8,28 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 0,08 dari siklus I. Berdasarkan 
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat 
memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil 
belajar IPA Biologi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun 
Ajaran 2011/2012. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/8/09._Lampiran.pdf</identifier><identifier> MAHMUDAH , MAHMUDAH (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS. </identifier><relation>A420070046 </relation><recordID>15729</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
MAHMUDAH , MAHMUDAH |
title |
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools QK Botany |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15729/1/02._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/8/09._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15729/ |
contents |
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA. Biologi ) yang
selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih banyak
berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan
salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang
dilakukan oleh guru kurang adanya dalam melibatkan dan mengembangkan
kemampuan berfikir siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi pertumbuhan
dan perkembangan pada tumbuhan melalui strategi Problem Based Learning pada
siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 12
Surakarta, dengan objek siswa kelas VIII B. Adapun yang menjadi subjek
penelitian adalah pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Proses penelitian ini dilakukan
dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan
siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif
produk, penilaian kognitif proses, nilai perilaku afektif, dan penilaian
psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif produk = 68,21 atau meningkat
dan pada nilai awal kognitif produk 49,25; ranah kognitif proses = 17,78 (baik);
ranah perilaku afektif = 20,03 (baik); dan ranah psikomotorik = 7,82 (sangat
berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif produk =
79,10 (berhasil) ; ranah kognitif proses = 20,32 (sangat baik) ; ranah perilaku
afektif = 20,85(sangat baik) atau meningkat 2,92 dari siklus I; ranah psikomotorik
= 8,28 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 0,08 dari siklus I. Berdasarkan
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat
memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil
belajar IPA Biologi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun
Ajaran 2011/2012. |
id |
IOS2728.15729 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584914231296 |
score |
17.538404 |