UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: MAHMUDAH , MAHMUDAH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15729/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/8/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/
ctrlnum 15729
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15729/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA &#xD; TAHUN AJARAN 2011/2012 &#xD; </title><creator>MAHMUDAH , MAHMUDAH </creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QK Botany</subject><description>Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA. Biologi ) yang &#xD; selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih banyak &#xD; berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan &#xD; salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang &#xD; dilakukan oleh guru kurang adanya dalam melibatkan dan mengembangkan &#xD; kemampuan berfikir siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini &#xD; adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi pertumbuhan &#xD; dan perkembangan pada tumbuhan melalui strategi Problem Based Learning pada &#xD; siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian &#xD; ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 12 &#xD; Surakarta, dengan objek siswa kelas VIII B. Adapun yang menjadi subjek &#xD; penelitian adalah pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi &#xD; pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Proses penelitian ini dilakukan &#xD; dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, &#xD; observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah &#xD; teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan &#xD; siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif &#xD; produk, penilaian kognitif proses, nilai perilaku afektif, dan penilaian &#xD; psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata &#xD; hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif produk = 68,21 atau meningkat &#xD; dan pada nilai awal kognitif produk 49,25; ranah kognitif proses = 17,78 (baik); &#xD; ranah perilaku afektif = 20,03 (baik); dan ranah psikomotorik = 7,82 (sangat &#xD; berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif produk = &#xD; 79,10 (berhasil) ; ranah kognitif proses = 20,32 (sangat baik) ; ranah perilaku &#xD; afektif = 20,85(sangat baik) atau meningkat 2,92 dari siklus I; ranah psikomotorik &#xD; = 8,28 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 0,08 dari siklus I. Berdasarkan &#xD; hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat &#xD; memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil &#xD; belajar IPA Biologi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun &#xD; Ajaran 2011/2012. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/1/02._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15729/8/09._Lampiran.pdf</identifier><identifier> MAHMUDAH , MAHMUDAH (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS. </identifier><relation>A420070046 </relation><recordID>15729</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MAHMUDAH , MAHMUDAH
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012
publishDate 2011
topic LB1603 Secondary Education. High schools
QK Botany
url http://eprints.ums.ac.id/15729/1/02._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/8/09._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15729/
contents Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA. Biologi ) yang selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih banyak berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang adanya dalam melibatkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan melalui strategi Problem Based Learning pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 12 Surakarta, dengan objek siswa kelas VIII B. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif produk, penilaian kognitif proses, nilai perilaku afektif, dan penilaian psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif produk = 68,21 atau meningkat dan pada nilai awal kognitif produk 49,25; ranah kognitif proses = 17,78 (baik); ranah perilaku afektif = 20,03 (baik); dan ranah psikomotorik = 7,82 (sangat berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif produk = 79,10 (berhasil) ; ranah kognitif proses = 20,32 (sangat baik) ; ranah perilaku afektif = 20,85(sangat baik) atau meningkat 2,92 dari siklus I; ranah psikomotorik = 8,28 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 0,08 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar IPA Biologi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
id IOS2728.15729
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810584914231296
score 17.538404