ctrlnum 15723
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15723/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009</title><creator>WIDAYATI, LIST KARTINI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri; 2) mengetahui peningkatan hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Dwija&#xD; Dharma Boyolali. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-2 SMK Dwija Dharma Boyolali. tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sumber data diperoleh&#xD; dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK yang&#xD; terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa:&#xD; 1. Ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali setelah mengikuti pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar. Peningkatan menulis deskripsi tersebut diketahui dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 61,26 dan termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan nilai ratarata pada siklus I mencapai 73,89 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian, ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 12,63. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah sebesar 82,89 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,00 dari hasil siklus I dan 21,63 dari hasil kondisi awal.&#xD; 2. Ada perubahan sikap atau perilaku siswa dari perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesiapan siswa untuk menerima pelajaran belum terlihat pada siklus I, sedangkan pada siklus II, siswa sudah siap menerima pelajaran, dan&#xD; sudah berani mempresentasikan hasil pekerjaanya didepan kelas tanpa ditujuk oleh guru. Siswa yang semula kurang bersemangat mengikuti pembelajaran menjadi siap, semangat, senang dan menikmati pembelajaran. Artinya media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi, siswa sudah mampu mendeskripsikan objek, tempat, dan peristiwa dengan baik.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/4/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/7/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/9/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/10/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/12/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15723/21/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> WIDAYATI, LIST KARTINI (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310040050</relation><recordID>15723</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIDAYATI, LIST KARTINI
title Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15723/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/4/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/7/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/9/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/10/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/12/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/21/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15723/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri; 2) mengetahui peningkatan hasil pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Dwija Dharma Boyolali. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-2 SMK Dwija Dharma Boyolali. tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1. Ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas XI SMK Dwija Dharma Boyolali setelah mengikuti pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar. Peningkatan menulis deskripsi tersebut diketahui dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 61,26 dan termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan nilai ratarata pada siklus I mencapai 73,89 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian, ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 12,63. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah sebesar 82,89 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,00 dari hasil siklus I dan 21,63 dari hasil kondisi awal. 2. Ada perubahan sikap atau perilaku siswa dari perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesiapan siswa untuk menerima pelajaran belum terlihat pada siklus I, sedangkan pada siklus II, siswa sudah siap menerima pelajaran, dan sudah berani mempresentasikan hasil pekerjaanya didepan kelas tanpa ditujuk oleh guru. Siswa yang semula kurang bersemangat mengikuti pembelajaran menjadi siap, semangat, senang dan menikmati pembelajaran. Artinya media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi, siswa sudah mampu mendeskripsikan objek, tempat, dan peristiwa dengan baik.
id IOS2728.15723
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810584893259776
score 17.538404