Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011)

Main Author: SULISTIYONO, SULISTIYONO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15719/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/
ctrlnum 15719
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15719/</relation><title>Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang,&#xD; Kabupaten Karanganyar Tahun 2011)</title><creator>SULISTIYONO, SULISTIYONO</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui muatan materi kesadaran berkonstitusi dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011, dan 2) Untuk mengetahui proses&#xD; penanaman kesadaran berkonstitusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa keadaan benda bergerak atau tidak bergerak yaitu buku Pendidikan Kewarganegaraan&#xD; Kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk, berupa orang, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Penelitian ini menggunakan dua&#xD; macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari, kepala sekolah, guru, siswa, dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil&#xD; wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Muatan materi konstitusi yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan&#xD; Kewarganegaraan kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn; 2) Pelaksanaan pendidikan kesadaran berkonstitusi di SMP Negeri&#xD; 3 Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar dilakukan bersamaan dengan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan oleh guru PKn dengan cara mengajarkan materi pendidikan konstitusi yang termuat dalam buku PKn yang dijadikan acuan.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SULISTIYONO, SULISTIYONO (2011) Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220070007</relation><recordID>15719</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SULISTIYONO, SULISTIYONO
title Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15719/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15719/
contents Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui muatan materi kesadaran berkonstitusi dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011, dan 2) Untuk mengetahui proses penanaman kesadaran berkonstitusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa keadaan benda bergerak atau tidak bergerak yaitu buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk, berupa orang, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari, kepala sekolah, guru, siswa, dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Muatan materi konstitusi yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn; 2) Pelaksanaan pendidikan kesadaran berkonstitusi di SMP Negeri 3 Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar dilakukan bersamaan dengan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan oleh guru PKn dengan cara mengajarkan materi pendidikan konstitusi yang termuat dalam buku PKn yang dijadikan acuan.
id IOS2728.15719
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810584878579712
score 17.538404