Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011)
Main Author: | SULISTIYONO, SULISTIYONO |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15719/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/ |
ctrlnum |
15719 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15719/</relation><title>Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang,
Kabupaten Karanganyar Tahun 2011)</title><creator>SULISTIYONO, SULISTIYONO</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui muatan materi kesadaran berkonstitusi dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011, dan 2) Untuk mengetahui proses
penanaman kesadaran berkonstitusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa keadaan benda bergerak atau tidak bergerak yaitu buku Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk, berupa orang, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Penelitian ini menggunakan dua
macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari, kepala sekolah, guru, siswa, dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil
wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Muatan materi konstitusi yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan
Kewarganegaraan kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn; 2) Pelaksanaan pendidikan kesadaran berkonstitusi di SMP Negeri
3 Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar dilakukan bersamaan dengan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan oleh guru PKn dengan cara mengajarkan materi pendidikan konstitusi yang termuat dalam buku PKn yang dijadikan acuan.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15719/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SULISTIYONO, SULISTIYONO (2011) Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220070007</relation><recordID>15719</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SULISTIYONO, SULISTIYONO |
title |
Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang,
Kabupaten Karanganyar Tahun 2011) |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15719/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15719/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui muatan materi kesadaran berkonstitusi dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011, dan 2) Untuk mengetahui proses
penanaman kesadaran berkonstitusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa keadaan benda bergerak atau tidak bergerak yaitu buku Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk, berupa orang, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Penelitian ini menggunakan dua
macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari, kepala sekolah, guru, siswa, dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil
wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Muatan materi konstitusi yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan
Kewarganegaraan kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn; 2) Pelaksanaan pendidikan kesadaran berkonstitusi di SMP Negeri
3 Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar dilakukan bersamaan dengan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan oleh guru PKn dengan cara mengajarkan materi pendidikan konstitusi yang termuat dalam buku PKn yang dijadikan acuan. |
id |
IOS2728.15719 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584878579712 |
score |
17.538404 |