Analisis Strategi Pemasaran Sektor Informal (Studi Empirik Pedagang Kaki Lima di Pasar Klitikan Notoharjo Surakarta)
Main Author: | ANGGRIAWAN, ROBBY |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15693/1/DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/11/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/15693/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang kaki lima di Pasar Klitikan Notoharjo Surakarta. Populasi adalah pedagang kaki lima di Pasar Klitikan Notoharjo Surakarta yang berjumlah 989 pedagang. Sampel penelitian sebanyak 100 orang dengan pertimbangan 10% dari total populasi yang berjumlah 989 adalah 98,9 atau 100 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan analisis crosstab, menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran Pedagang Kaki Lima di Pasar Klitikan Notoharjo Surakarta meliputi strategi pemasaran: market penetration, market extension, pengembangan produk dan diversifikasi produk. (2) Strategi pemasaran yang tepat diterapkan adalah strategi originalitas produk, dimana para Pedagang Kaki Lima menyediakan berbagai produk original untuk semua barang yang ditawarkan kepada konsumen. (3) Strategi pemasaran yang kurang tepat ditetapkan adalah strategi penguasaan pasar sasaran, dimana para Pedagang Kaki Lima tidak perlu menyediakan segmentasi pasar sasaran, karena pihak pengelola pasar sudah menyediakan berbagai kios yang berisi beranekaragam barang dan jasa sehingga kemungkinan pasar sasaran sudah cukup tersedia