UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA PANCING PINTAR KELOMPOK B TK PERTIWI 02 GANTIWARNO MATESIH KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: NINGRUM, YULI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15675/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/20/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15675/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas (PTK) ini ditujukan untuk (1)meningkatkan kemaampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Pertiwi 02 Gantiwarno semester I tahun pelajaran 2011/2012, (2) menjelaskan proses pembelaajaran dengan media”Pancing Pintar” untuk meningkaatkan kemampuan membaca permulaan anakkelompok B TK Pertiwi 02 Gantiwarno semester tahun pelajaran 20112012. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus mulai Mei sampai September 2011 pada kelompok B TK Pertiwi 02 Gantiwarno, dengan jumlah murid 10 laki-laki dan 5 perempuan. Prosedur PTK ini meliputi refleksi awal, fact finding analysis, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan analisis data. Sementara itu desain PTK ini terdiri dari perencanaan , implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Hasil PTKini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan melalui kegiataan bermain dengan media “Pancing Pintar”mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Pertiwi 02 Gantiwarno semester I tahun pelajaran 2011/2012. Peningkatan itu terjadi pada siklus I dan siklus II. Keberhasilan rata-rata membaca permulaan anak kelompok B TK Pertiwi 02 Gantiwarno meningkat dari hanya sebesar 45% di kondisi pra siklus menjadi 60,5% di siklus I dan akhirnya sebesar 76,2% di siklus II.