UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG HASIL KEBUN Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan II Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: NURYATMI, DWI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15674/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/17/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15674/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran permainan berhitung hasil kebun. Penelitian dilakukan di kelompok B TK BENDUNGAN II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 anak. Data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa catatan lapangan tentang kejadiankejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran kognitif berlangsung dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas proses analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan berhitung hasil kebun. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang memiliki tiga indicator yaitu memasangkan benda dengan angka yang melambangkannya, penambahan dan pengurangan dengan benda. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 26,9%, setelah dilakukan tindakan pada indikator memasangkan benda dengan angka yang melambangkannya pada siklus I meningkat menjadi 42,%, dan diakhir tindakan meningkat menjadi 84,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan berhitung hasil kebun dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.