Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui bermain bubur koran, pada pokok bahasan membuat adonan bubur koran dan membuat bentuk buah-buahan, bentuk bulan bintang, bentuk alat-alat makan. Penerima tindakan adalah anak kelompok B TK pertiwi plupuh 02 yang berjumlah 21 anak. Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan anak melalui bermain bubur koran. Peningkatan kreatifitas siswa dalam : Kreativitas dalam aspek pribadi (rasa ingin tahu, percaya diri) sebelum tindakan 58,08% (10 anak), Siklus I 57,14 % (12 anak), Siklus II 85,07%(18 anak). Kreativitas dalam aspek pendorong (mengunakan alat peraga) sebelum tindakan 58,08%(10 anak), Siklus I 57,14% (12 anak), Siklus II 85,07% (18 anak). Kreativitas dalam aspek proses (keaktifan bertanya) sebelum tindakan 64,07% (11 anak), Siklus I 61,90% (13 anak), Siklus II 71,04% (15 anak). Kreativitas dalam aspek produk (mencipta hasil karya) sebelum tindakan 76,47% (13 anak), Siklus I 71,42% (15 anak), Siklus II 90,47% (19 anak).