ctrlnum 15668
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15668/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MENGGUNTING PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH SROYO II&#xD; TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>SETYANINGSIH, YULIANA ESTRI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan motorik halus anak&#xD; dalam menggunting TK Aisyiyah Sroyo II, tahun ajaran 2010/2011. Motorik halus&#xD; merupakan bidang pengembangan yang harus dikembangkan di TK, pembelajaran&#xD; motorik halus harus diasah sejak dini karena diharapkan suatu saat nanti anak&#xD; terlatih koordinasi penglihatan dan gerak jari tangan. Peningkatan kemampuan&#xD; motorik halus anak dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu melalui&#xD; permainan menggunting.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam&#xD; penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah Sroyo II tahun ajaran&#xD; 2010/2011. Jumlah anak yang diteliti 14, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 9&#xD; laki-laki. Penelitian peneliti ini bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru&#xD; kelompok A. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan&#xD; dokumentasi, keabsahan metode data dilakukan dengan menggunakan triangulasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran&#xD; motorik halus anak melalui kegiatan menggunting yaitu sebelum tindakan 42%,&#xD; siklus I 57%, dan siklus II 78%. Kegiatan menggunting dilakukan dengan&#xD; pemberian permainan agar anak semangat dalam mengerjakan kegiatan ini.&#xD; Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan menggunting dapat&#xD; meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Sroyo II&#xD; dalam menggunting apabila dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah&#xD; direncanakan.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/9/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15668/19/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYANINGSIH, YULIANA ESTRI (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MENGGUNTING PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH SROYO II TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520091024</relation><recordID>15668</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYANINGSIH, YULIANA ESTRI
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MENGGUNTING PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH SROYO II TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15668/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/9/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15668/
contents Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan motorik halus anak dalam menggunting TK Aisyiyah Sroyo II, tahun ajaran 2010/2011. Motorik halus merupakan bidang pengembangan yang harus dikembangkan di TK, pembelajaran motorik halus harus diasah sejak dini karena diharapkan suatu saat nanti anak terlatih koordinasi penglihatan dan gerak jari tangan. Peningkatan kemampuan motorik halus anak dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu melalui permainan menggunting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah Sroyo II tahun ajaran 2010/2011. Jumlah anak yang diteliti 14, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 laki-laki. Penelitian peneliti ini bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru kelompok A. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan metode data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran motorik halus anak melalui kegiatan menggunting yaitu sebelum tindakan 42%, siklus I 57%, dan siklus II 78%. Kegiatan menggunting dilakukan dengan pemberian permainan agar anak semangat dalam mengerjakan kegiatan ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Sroyo II dalam menggunting apabila dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan.
id IOS2728.15668
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810584416157696
score 17.538404