Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari implementasi pembelajaran tematik terhadap kreativitas guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas 1-3 SD Negeri Samirono yang berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakanteknik trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran tematik adalah merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermakna karena pembelajaran tematik adalah pembelajaran dimana dalam pelaksanaannya menggunakan tema-tema yang dekat dengan lingkungan hidup siswa sehari-hari. Sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru dengan menggeneralasikan kejadian-kejadian yang mereka amati setiap hari dengan tema yang diberikan oleh guru di kelas. Dengan demikian, dapat dimungkinkan bagi siswa untuk mempelari beberapa bidang studi dalam waktu yang bersamaan. Kreativitas guru dalam menyusun rancangan pembelajaran dengan pembelajaran tematik dapat dilihat dari kemampuan guru tersebut mulai dari menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan mata pelajaran yang akan dipadukan, menentukan tema penghubung, menetapkan jaringan tema, menyusun silabus pembelajaran tematik dan menyusun rancangan pembelajaran tersebut kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik memberikan dampak positif terhadap kreativitas guru kelas 1-3 dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pemmbelajaran.