PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012
Main Author: | LIESTYOWATI, DYAH AYU |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15618/1/Hal_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/4/BAB-1.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/5/BAB-2.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/6/BAB-3.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/8/BAB-4.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/10/BAB-5.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/13/FILE-KE-4.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/15/FILE-KE-5.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/ |
ctrlnum |
15618 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15618/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012</title><creator>LIESTYOWATI, DYAH AYU</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswadengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, meningkatkan hasil
belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan guru kelas IV SDN 02 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara langsung, tes, pencatatan arsip dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritik dan teknik komparatif. Dalam menganalisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, ada peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 44,25 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 59,00 dan pada siklus III mencapai 77,88. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/1/Hal_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/4/BAB-1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/5/BAB-2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/6/BAB-3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/8/BAB-4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/10/BAB-5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/13/FILE-KE-4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/15/FILE-KE-5.pdf</identifier><identifier> LIESTYOWATI, DYAH AYU (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091082</relation><recordID>15618</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
LIESTYOWATI, DYAH AYU |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15618/1/Hal_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/4/BAB-1.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/5/BAB-2.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/6/BAB-3.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/8/BAB-4.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/10/BAB-5.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/13/FILE-KE-4.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/15/FILE-KE-5.pdf http://eprints.ums.ac.id/15618/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswadengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, meningkatkan hasil
belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan guru kelas IV SDN 02 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara langsung, tes, pencatatan arsip dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritik dan teknik komparatif. Dalam menganalisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan aktivitas belajar
matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, ada peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 44,25 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 59,00 dan pada siklus III mencapai 77,88. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. |
id |
IOS2728.15618 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:20Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584230559744 |
score |
17.538404 |