PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012

Main Author: LIESTYOWATI, DYAH AYU
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15618/1/Hal_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/4/BAB-1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/5/BAB-2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/6/BAB-3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/8/BAB-4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/10/BAB-5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/13/FILE-KE-4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/15/FILE-KE-5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/
ctrlnum 15618
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15618/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012</title><creator>LIESTYOWATI, DYAH AYU</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswadengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, meningkatkan hasil&#xD; belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012&#xD; Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan guru kelas IV SDN 02 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara langsung, tes, pencatatan arsip dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritik dan teknik komparatif. Dalam menganalisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan aktivitas belajar&#xD; matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, ada peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 44,25 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 59,00 dan pada siklus III mencapai 77,88. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/1/Hal_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/4/BAB-1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/5/BAB-2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/6/BAB-3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/8/BAB-4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/10/BAB-5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/13/FILE-KE-4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15618/15/FILE-KE-5.pdf</identifier><identifier> LIESTYOWATI, DYAH AYU (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091082</relation><recordID>15618</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author LIESTYOWATI, DYAH AYU
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011 / 2012
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15618/1/Hal_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/4/BAB-1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/5/BAB-2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/6/BAB-3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/8/BAB-4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/10/BAB-5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/13/FILE-KE-4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/15/FILE-KE-5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15618/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswadengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa dan guru kelas IV SDN 02 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara langsung, tes, pencatatan arsip dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritik dan teknik komparatif. Dalam menganalisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, ada peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 44,25 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 59,00 dan pada siklus III mencapai 77,88. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas Segitiga pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.
id IOS2728.15618
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:20Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810584230559744
score 17.538404