UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | HIKMAH , INDAH DAROJATUL |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15591/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/7/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/9/7.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/14/Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/ |
ctrlnum |
15591 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15591/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI 
KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN 
STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA 
SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG 
KABUPATEN KLATEN TAHUN 
AJARAN 2011/2012</title><creator> HIKMAH , INDAH DAROJATUL</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran 
Biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun pelajaran 
2011/2012 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Index Card Match. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, 
tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara 
dengan guru, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan siswa 
Kelas VII B SMP N 1 Tulung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini 
diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan penerapan strategi 
pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar 
biologi dan data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek 
kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil 
belajar. Pada aspek kognitif sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata 
6,74 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 8 sedang pada siklus II 9,2. 
Keaktifan siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang 
pada aspek afektif pada siklus I didapatkan rata-rata 73,33% (kurang aktif) dan 
rata-rata siklus II meningkat menjadi 81,23% (aktif). Dengan demikian dapat 
diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match 
dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman makhluk hidup 
siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun ajaran 2011/2012. 
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/7/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/9/7.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/14/Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf</identifier><identifier> HIKMAH , INDAH DAROJATUL (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. </identifier><relation>A420070107</relation><recordID>15591</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
HIKMAH , INDAH DAROJATUL |
title |
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI
KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN
STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA
SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG
KABUPATEN KLATEN TAHUN
AJARAN 2011/2012 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15591/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/4/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/6/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/7/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/9/7.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/14/Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf http://eprints.ums.ac.id/15591/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran
Biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun pelajaran
2011/2012 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Index Card Match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara
dengan guru, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan siswa
Kelas VII B SMP N 1 Tulung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan penerapan strategi
pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar
biologi dan data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek
kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar. Pada aspek kognitif sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata
6,74 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 8 sedang pada siklus II 9,2.
Keaktifan siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang
pada aspek afektif pada siklus I didapatkan rata-rata 73,33% (kurang aktif) dan
rata-rata siklus II meningkat menjadi 81,23% (aktif). Dengan demikian dapat
diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match
dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman makhluk hidup
siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun ajaran 2011/2012.
|
id |
IOS2728.15591 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584114167808 |
score |
17.538404 |