UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: HIKMAH , INDAH DAROJATUL
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15591/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/7/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/9/7.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/14/Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/
ctrlnum 15591
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15591/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI &#xD; KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN &#xD; STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA &#xD; SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG &#xD; KABUPATEN KLATEN TAHUN &#xD; AJARAN 2011/2012</title><creator> HIKMAH , INDAH DAROJATUL</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran &#xD; Biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun pelajaran &#xD; 2011/2012 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Index Card Match. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, &#xD; tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara &#xD; dengan guru, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan siswa &#xD; Kelas VII B SMP N 1 Tulung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini &#xD; diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan penerapan strategi &#xD; pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar &#xD; biologi dan data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek &#xD; kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil &#xD; belajar. Pada aspek kognitif sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata &#xD; 6,74 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 8 sedang pada siklus II 9,2. &#xD; Keaktifan siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang &#xD; pada aspek afektif pada siklus I didapatkan rata-rata 73,33% (kurang aktif) dan &#xD; rata-rata siklus II meningkat menjadi 81,23% (aktif). Dengan demikian dapat &#xD; diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match &#xD; dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman makhluk hidup &#xD; siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun ajaran 2011/2012. &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/4/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/6/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/7/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/9/7.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15591/14/Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf</identifier><identifier> HIKMAH , INDAH DAROJATUL (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. </identifier><relation>A420070107</relation><recordID>15591</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HIKMAH , INDAH DAROJATUL
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/15591/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/4/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/6/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/7/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/9/7.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/11/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/14/Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15591/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan siswa Kelas VII B SMP N 1 Tulung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar biologi dan data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Pada aspek kognitif sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata 6,74 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 8 sedang pada siklus II 9,2. Keaktifan siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang pada aspek afektif pada siklus I didapatkan rata-rata 73,33% (kurang aktif) dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 81,23% (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun ajaran 2011/2012.
id IOS2728.15591
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:20Z
recordtype dc
_version_ 1765810584114167808
score 17.538404