PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen)

Main Author: PUTRA , AFANDY RACHMAN
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15580/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/7/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/9/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/12/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/14/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/20/9._Lampiran_-lampiran_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/
ctrlnum 15580
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15580/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen) </title><creator>PUTRA , AFANDY RACHMAN </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga.. &#xD; Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Gondang Sragen, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik &#xD; triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami &#xD; peningkatan sebesar 53,13%, (2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 68,75%, (3) mengerjakan &#xD; soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 46,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan &#xD; strategi Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/7/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/9/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/12/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/14/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/20/9._Lampiran_-lampiran_.pdf</identifier><identifier> PUTRA , AFANDY RACHMAN (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A410070268 </relation><recordID>15580</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PUTRA , AFANDY RACHMAN
title PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15580/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/3/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/7/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/9/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/12/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/14/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/20/9._Lampiran_-lampiran_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15580/
contents Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga.. Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Gondang Sragen, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 53,13%, (2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 68,75%, (3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 46,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
id IOS2728.15580
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:17Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:20Z
recordtype dc
_version_ 1765810584082710528
score 17.538404