PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen)
Main Author: | PUTRA , AFANDY RACHMAN |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15580/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/7/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/9/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/12/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/14/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/20/9._Lampiran_-lampiran_.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/ |
ctrlnum |
15580 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15580/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen) </title><creator>PUTRA , AFANDY RACHMAN </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga.. 
Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Gondang Sragen, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik 
triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami 
peningkatan sebesar 53,13%, (2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 68,75%, (3) mengerjakan 
soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 46,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan 
strategi Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. 
</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/3/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/7/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/9/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/12/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/14/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15580/20/9._Lampiran_-lampiran_.pdf</identifier><identifier> PUTRA , AFANDY RACHMAN (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A410070268 </relation><recordID>15580</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
PUTRA , AFANDY RACHMAN |
title |
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Gondang, Sragen) |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15580/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/3/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/7/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/9/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/12/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/14/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/20/9._Lampiran_-lampiran_.pdf http://eprints.ums.ac.id/15580/ |
contents |
Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga..
Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP N 2 Gondang Sragen, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik
triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami
peningkatan sebesar 53,13%, (2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 68,75%, (3) mengerjakan
soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 46,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan
strategi Learning Tournament dengan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
|
id |
IOS2728.15580 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:17Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810584082710528 |
score |
17.538404 |